Ini PROFIL Damayanti Wisnu Putranti, Politisi PDIP Yang Ditangkap KPK


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti terkait dugaan kasus korupsi di Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini merupakan orang pertama yang ditangkap oleh KPK pada tahun 2016 ini. Operasi tangkap tangan ini juga yang perdana di era kepengurusan KPK jilid IV, di bawah kepemimpinan Agus Rahardjo.

Damayanti dibawa ke gedung KPK pada Rabu (13/1) malam sekitar pukul 22.00 WIB menggunakan mobil Toyota Alphard Vellfire berwarna hitam dengan nomor pelat B 5 DWP.

CNN Indonesia merilis, sumber di internal KPK menyebutkan, Damayanti ditangkap atas dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi di Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat.

Siapa itu Damayanti Wisnu Putranti?

Berikut profil singkat yang diungkap dari situs WIKI DPR

Informasi Pribadi:

Tempat Lahir: Jakarta
Tanggal Lahir: 02/11/1970
Alamat Rumah: Jl. Joe No. 9D, RT/001/RW.003. Kelurahan Jagakarsa. Jagakarsa. Jakarta Selatan. DKI Jakarta

Informasi Jabatan:
Partai: PDIP
Dapil: Jawa Tengah IX ((Brebes, Tegal, Slawi)
Komisi DPR: Komisi V meliputi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi & Geofisika

Latar Belakang:

Damayanti Wisnu Putranti SIP, adalah kader muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Damayanti, yang lebih dikenal sebagai Yanti, berhasil menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Dapil Jawa Tengah IX (Brebes, Tegal, Slawi) setelah memperoleh 75.657 suara. Saat ini Yanti adalah Kepala Departemen Pertanian dan Perikanan di DPP PDIP.

Yanti dikenal fasih di bidang pertanian dan terlibat langsung memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada petani dan peternak. Ayah Yanti, Wisnu Djati Kususmo adalah seorang pensiunan Departemen Pertanian dan salah satu pendiri dari Akademi Usaha Perikanan Jakarta (AUP).  

Yanti memiliki beberapa usaha sendiri di bidang pekerjaan umum dan menduduki posisi sebagai Komisaris PT Polatek Rancang Bangun (jasa konsultan dengan Departemen Pekerjaan Umum) dan di PT Adi Reka Tama (pengadaan barang dan jasa). 

Pendidikan:

S1, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Parahyangan, Bandung
S2, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta (2007)
S2, Magister Hukum, Universitas Sultan Agung, Semarang (2013) 

Perjalanan Politik:

Damayanti mengenyam banyak pengalaman politik dengan menjadi anggota dari tim sukses dan tim pemenangan Pilkada di banyak daerah. Yanti terlibat di Tim Pemenangan Pilkada di Gianyar, Kota Salatiga, Pemalang, Kota Tegal, Kota Magelang, DKI Jakarta (Jokowi-Ahok) dan terakhir di Brebes sendiri dimana Bupati Brebes sekarang Idza Priyanti terpilih di 2012.

Sikap Politik:

Paripurna Voting Paket Pimpinan DPR 2014-2019
Menolak ambil bagian sebagai anggota DPR yang menyetujui paket pimpinan DPR 2014-2019 (dengan Ketua DPR 2014-2019 terpilih Setya Novanto). Bagian dari pelaku walkout atas proses voting paket pimpinan DPR 2014-2019.

Sumber:http://wikidpr.org/anggota/5403631742b53eac2f8ef741

No comments

Powered by Blogger.