Ronny Ketua BEM UNJ Yang di-DO Ternyata Dulu Yang Tegas Tolak Undangan Jokowi Makan di Istana


Ronny Setiawan. Nama ini sedang menjadi trending topic pembicaraan publik tanah air setelah Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini diberhentikan secara sepihak oleh Rektor UNJ karena dituding melakukan kegiatan yang tergolong kejahatan dan penghasutan dengan menggelar unjuk rasa.

SK Pemberhentian Ronny Setiawan ditandatangani oleh Rektor UNJ, Dr Djaali, tertanggal 4 Januari 2016.

Menilik latar belakangnya ternyata mahasiswa Fakultas MIPA UNJ ini memang dikenal mahasiswa yang sangat idealis dan memiliki kepedulian terhadap berbagai persoalan bangsa, terlebih di era Presiden Joko Widodo dimana rakyat hidupnya makin susah.

Idealisme Ronny tak bisa dibeli dan tak bisa ditawar. Salah satunya adalah saat Presiden Jokowi mengundang para pimpinan BEM universitas-universitas untuk santap makan di Istana Negara pada Mei tahun 2015 lalu.

Tercatat, seperti dilansir mediaTeropongSenayan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, Senin (19/5/2015) malam.

Beberapa perwakilan mahasiswa pun menghadiri undangan Jokowi tersebut. Namun, Ketua BEM Universitas Negeri Jakarta (UN) Ronny Setiawan menolak datang ke acara jamuan makan bersama Presiden Jokowi.

"Saya ingin menyampaikan kepada seluruh mahasiswa Indonesia dan rakyat Indonesia, saya selaku Ketua BEM UNJ dan koordinator wilayah BEM SI BSJB menolak dengan tegas undangan dari presiden," ujar Ronny.

Awalnya Ronny mengira bahwa undangan tersebut bermaksud mengajak dirinya beserta rekan-rekan BEM Seluruh Indonesia untuk berdialog.

"Ternyata dugaan saya salah, Jokowi selaku Presiden RI ternyata mengundang untuk makan malam sebagai salah satu upaya untuk membeli dan meruntuhkan idealisme kami sebagai mahasiswa," ungkapnya.

Dia berjanji pihaknya tidak akan mengorbankan apa yang sudah menjadi komitmen mahasiswa dalam menyuarakan aspirasi masyarakat.

Dan kini, mahasiswa idealis ini diberhentikan sebagai mahasiswa UNJ secara sepihak oleh Rektor UNJ.

Tentu, tindakan sewenang-wenang Rektor UNJ yang berubah jadi Diktator ini harus dilawan.

"Saya baru menulis soal #JiwaReformasi dan Demokrasi Kampus..Tiba2 ada rektor yg pecat mahasiswa karena kritis. lawan!" kata Fahri melalui akun twitternya @Fahrihamzah, Rabu (6/1) pagi.

"Dia kira dirinya siapa ya tu rektor...pakai UU ITE pecat mahasiswa...#SaveRonny #SaveUNJ," lanjut Fahri.

No comments

Powered by Blogger.