FKIP Unmuh Jember menyelenggarakan pameran pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa enterpreneur mahasiswa di dunia pendidikan

Mengawali kegiatan pembelajaran pada semester gasal tahun ini, Pada 09 Febuari 2016 bertempat di PAUD YASMIN Jl.Karimata No.49 - Jember FKIP Unmuh Jember menyelenggarakan pameran pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa enterpreneur mahasiswa di dunia pendidikan. Paradigma bahwa proses pembelajaran hanya diisi dengan kegiatan belajar yang membosankan harus diubah. Pendidikan dan pembelajaran merupakan proses pengubahan dan perubahan. Pengubahan oleh guru yang kreatif dan perubahan oleh siswa yang kritis.
            Pameran pendidikan kali ini diselenggarakan oleh dua program studi yaitu pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Pendidikan matematika membuat pameran di Sekolah Lab PAUD Yasmin dengan mengembangkan aneka produk sebagai media belajar untuk anak usia dini. Produk yang dibuat berasal dari kertas yang bisa didapatkan dengan mudah. Kegiatan ini diberi nama paper craft. Tampak anak-anak di PAUD Yasmin menikmati dan antusias dalam pameran tersebut.
Kegiatan pameran paper craft ini merupakan aplikasi mata kuliah Kewirausahaan yang memiliki target kompetensi berupa keterampilan dalam membuat, mendesain dan melihat peluang sebagai alternatif kegiatan pembelajaran. “Kegiatan ini sangat menyenangkan, karena kami tidak hanya memahaminya, namun, kami melakukannya”, begitu ungkap mahasiswa semester tujuh peserta pameran paper craft ini.
            Berbeda dengan pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh pordi biologi, yang menampilkan aneka media pembelajaran biologi di sekolah yang bekerja sama dengan tiga sekolah di Jember dan dilaksanakan selama tiga berturut-turut. Pameran ini diselenggarakan mulai tanggal 5 sampai 7 Januari 2016. Hari selasa, peserta yang berkunjung dalam acara pameran ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember, Rabu adalah siswa SMAN 1 Jenggawah dan Kamis diikuti oleh siswa SMAN 1 Tanggul.
            Berbagai kreasi mahasiswa ditampilkan dalam pameran pendidikan ini, mulai dari sistem peredaran manusia, anatomi manusia, binatang sampai produk yang bisa dijual sebagai konsumsi sehat masyarakat.
            Bapak dekan berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam menyalurkan bakat minat mahasiswa, sehingga jiwa wirausaha dan terampil bisa melekat pada disi mahasiswa sebagai calon guru. Mahasiswa juga memiliki respon yang positif, karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan unsur kognitif, melainkan afektif dan psikomotor.[andy/jabung-online]

No comments

Powered by Blogger.