Gelar Mukernas, KAMMI Angkat Tema “Jayakan Indonesia 2045”

DALAM rangka merumuskan agenda gerakan nasional, Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) menggelar acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I pada Rabu-Ahad, 17-21 Februari 2016, di Asrama Haji Jawa Barat, Kota Bekasi. Musyawarah yang mengangkat tema “Jayakan Indonesia 2045” ini dihadiri oleh ratusan perwakilan Pengurus Wilayah dan Daerah KAMMI se-Indonesia.

Mukernas ini dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Rabu (17/2/2016) malam. Ketua Umum PP KAMMI, Kartika Nur Rakhman, mengungkapkan makna logo Mukernas saat mukernas berlangsung. Ia mengaku terinspirasi dari buku Arus Balik karya Pram.

“Logo Mukernas berupa gelombang berwarna biru dan emas itu mengandung makna harapan. Semoga di masa depan Indonesia akan meraih kejayaanseperti masa Majapahit dahulu,” paparnya kepada Islampos Kamis (18/02/2016).

Lebih dari itu, lanjut Kartika, saat usia kemerdekaan Indonesia genap 100 tahun pada 2045 nanti, KAMMI ingin menjadi bagian dari elemen pendorong kemajuan Indonesia di percaturan global.

“Tujuan utama dihelatnya Mukernas ialah menyamakan persepsi sesama penggerak KAMMI se-Indonesia tentang langkah organisasi periode ini demi meniti kejayaan Indonesia pada 2045 mendatang,” terang Kartika.

Sementara itu, dalam sambutannya, Imam Nahrawi saat mengapresiasi pidato pembukaan Nur Rakhman yang dianggapnya kaya referensi. Selanjutnya, Menpora menyatakan dukungan penuh terhadap setiap kegiatan positif yang dilaksanakan organisasi kepemudaan di Indonesia.

Ihwal kejayaan Indonesia 2045, Imam Nahrawi menyebut itu bukanlah angan-angan kosong semata.

“Saya meyakini dengan bekal ketulusan dan keikhlasan berjuang, Indonesia bisa kembali meraih kejayaan. Ketulusan dan keihlasan itulah yang menjadi pendorong terkuat perjuangan para founding fathers,” katanya.

Senada dengan Imam Nahrawi, sebelum membuka secara resmi gelaran Mukernas, Zulkifli Hasan juga turut memuji pidato Ketua Umum PP KAMMI. Adapun tentang tema yang diangkat dalam Mukernas, Ketua MPR mengutip pembukaan UUD 1945, menyebutkan bahwa satu di antara empat hal yang harus dicapai negara ialah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Penentu kemajuan sebuah bangsa bukanlah sumber daya alam, melainkan sumber daya manusia. Kita bisa melihat kemajuan Singapura saat ini. Padahal, pada saat Kerajaan Sriwijaya sedang jaya dulu, Singapura masih berupa rawa. Sebagaimana Ketua Umum PP KAMMI dan Menpora, saya pun yakin Indonesia masa depan bisa kembali jaya jika terus meningkatkan SDM,” tegasnya. []

Sumber: islampos

No comments

Powered by Blogger.