Milad ke-18, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Berhadiah Umroh


Dalam rangka Milad PKS ke-18, Fraksi PKS DPR RI menggelar Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional dengan hadiah utama Umroh.

Kitab yang dilombakan adalah kitab "Fathul Mu'in" karya Syeikh Zanuddin Abdul Aziz Al-Malibary, seorang ulama asal Malabar, India Selatan.

Kitab kuning "Fathul Mu'in" merupakan kitab fiqih standar dimana hampir seluruh pesantren yang ada di Indonesia kebanyakan semuanya menjadikan kitab Fathul Mu'in sebagai standarisasi kajian ilmu fiqihnya. Sampai-sampai ada istilah "Seorang santri belum bisa jadi Kiyai kalau dalam fiqihnya belum ngaji kitab Fathul Mu'in."

Isi kitab Fathul Mu'in ini merupakan bahasan ilmu fiqih yang membahas berbagai permasalahan fiqih dalam madzhab Syafi'iyyah. Yang didalamnya berisi Bab serta Fashal. Bahkan dilengkapi dengan sub-sub bahasan berupa tatimmah, Qaidah Muhimmah, Far'u, Muhimmah, Faidah, serta Khatimah.

Keistimewaan kitab Fathul Mu'in ini, diantanya:
- Kitab ini memiliki penjelasan yang ringkas namun padat akan makna.
- Penggunaan bahasa arab yang mudah dimengerti serta didalamnya tidak banyak kosakata yang maknanya sulit diterjemahkan.
- Isi pembahasannya cukup lengkap.
- Penyusunannya sudah sistematis sesuai kebutuhan pembaca dan pembahasannya diurut sesuai tingkat kebutuhan dan kepentingan ilmu fiqih.

"Kalau Fraksi PKS bikin lomba baca Kitab Kuning itu biasa aja. Ketua Fraksi PKS sekarang Ustadz @JazuliJuwaini adalah salah satu ahli kitab kuning," ujar Fahri Hamzah di akun twitternya, Sabtu (12/3).

Ketua F-PKS DPR RI H. Jazuli Juwaini, Lc, MA, memang dibesarkan di lingkungan pesantresn. Bahkan saat masih kecil, ia telah hafal kitab Matan al-Jurumiyah (kaidah bahasa Arab). 

Lomba baca Kitab Kuning Tingkat Nasional ini akan diselenggarakan bulan April mendatang. Dimana babak penyisihan akan berlangsung di tiap provinsi di kantor-kantor DPW PKS. Sedang babak Final akan digelar di Jakarta pada Ahad, 24 April 2016.

No comments

Powered by Blogger.