Ternyata, Rasulullah Perintahkan Lakukan Earth Hour Sejak Dulu

Setiap Sabtu akhir maret, warga dunia melakukan Earth Hour atau pemadaman listrik selama satu jam. Hal ini dilakukan untuk menjaga iklim bumi. Lho, apa hubungannya memadamkan listrik dengan menjaga iklim? Dilansir dari situs earth hour, perubahan iklim adalah ancaman kehidupan di Bumi akibat pemanasan global.

Salah satu cara menunda pemanasan global dan krisis lingkungan lain yaitu dengan mengajak setiap individu untuk mengubah gaya hidup. Gaya hidup di sini adalah berhemat energi. Hemat energi = mudah dan murah

Lalu bagaimana Islam memandang earth hour ini?

Dari Jabir Ra, Rasulullah bersabda: “matikanlah lampu- lampu saat kalian tidur di malam hari, tutuplah pintu, rapatkanlah tempat air, tutupilah makanan dan minuman. Meskipun hanya dengan membentangkan sebatang kayu saja.” (HR. Imam Bukhari )

World Wide Fund for Nature (WWF) dan Leo Burnett pertama kali menyelenggarakan earth hour pada tahun 2007. Padahal, sudah sejak lama Rasulullah menyuruh kita untuk melakukan earth hour. Hal itu bisa kita lihat dalam hadits di atas.

Rasul memerintahkan kita untuk mematikan lampu saat kita tidur. Bukan hanya satu jam. Sudah tentu apa yang diperintahkan Rasulullah pasti bermanfaat untuk kita.

Nah, jadi kita sebagai muslim seharusnya melakukan earth hour ini setiap hari. Dan bukan hanya dilakukan satu jam saja. Wallahualam Bisshawab. [Ef]

No comments

Powered by Blogger.