Kepala Pengawasan Bank OJK Lampung Kaswadi: Laku Pandai Solusi untuk Masyarakat Ekonomi Bawah

KASWADI Kepada Pengawasan OJK Lampung (kanan) sebagai narasumber dalam seminar yang diadakan BTPN kerja sama dengan Koran Sindo di De Arte Cafe Bandar Lampung, Kamis, 26//5/2016. | Raissa Utami Putri

Bandar Lampung – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan program Laku Pandai yang merupakan singkatan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif pada Maret tahun lalu. Laku Pandai merupakan terobosan dari OJK bagi industri perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok Nusantara.

Dalam seminar yang diadakan BTPN dan Koran Sindo, Kamis, 26/5/2016, Kepala Pengawasan Bank OJK Lampung Kaswadi mengungkapkan alasan-alasan dari diadakannya program Laku Pandai tersebut. “Masih banyak masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan layanan perbankan dan keuangan lainnya. Biasanya karena tempat tinggal masyarakat yang jauh dari bank atau adanya biaya dan persyaratan yang memberatkan,” ujarnya di De Arte Cafe Jalan Singosari Nomor 21 Bandar Lampung.

Program Laku Pandai bertujuan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum menjangkau layanan keuangan. Selain itu, juga guna melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia, terutama antara desa dan kota.

Produk-produk yang disediakan dalam program ini yaitu Basic Saving Account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan asuransi mikro. Untuk melaksanakan program ini, OJK bekerja sama dengan Bank-bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR).

Persyaratan untuk bank agar dapat menyelenggarakan program Laku Pandai, yaitu berbadan hukum di Indonesia, memiliki jaringan atau kantor cabang di wilayah Indonesia timur atau Nusa Tenggara Timur. Selain itu, bank tersebut juga tidak pernah rugi dan tidak pernah melakukan pelanggaran.”Bank-bank yang telah melaksanakan program Laku Pandai di Lampung yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTPN,” terangnya  (*)

Sumber: duajurai.com

No comments

Powered by Blogger.