Jawab Jokowi, Fadli Zon: Diplomasi Luar Negeri Tidak Bisa Cuma Pakai HP

Jabung Online – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan dalam menjalankan fungsi diplomasi politik luar negeri, DPR tidak bisa hanya menggunakan smartphone.


Hal itu dia tegaskan menjawab sindiran Presiden Joko Widodo alias Jokowi kepada eksekutif dan legislatif agar mengurangi kunjungan ke luar negeri. “Ya diplomasi bagaimana (mau diganti pakai smartphone)?” kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8).


Fadli menegaskan parlemen di seluruh dunia melakukan diplomasi politik luar negeri. Mereka berkunjung ke negara lain melakukan pertemuan. “Kalau pemerintah kan punya Kementerian Luar Negeri, dan Kedutaan Besar RI sebagai ujung tombak,” ujar wakil ketua umum Partai Gerindra itu.



Fadli menuturkan, DPR sekarang ini tidak ada lagi studi banding. Yang ada, kata dia, adalah diplomasi parlemen dan kunjungan kerja.


Anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu menegaskan, persoalan ini sudah diatur di dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). 


“Saya kira setuju kalau mau lakukan efisiensi di level eksekutif. Kalau di level DPR ada diplomasi parlemen memang,” katanya.

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.
close