Rumah Baca Fathi Nadia Buka Garasi Literasi


Garasi Literasi. | Suwanda

Jabung Online – Hari Minggu, 1 September 2019, bertepatan dengan tahun baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriyah, Rumah Baca Fathi Nadia menggelar Garasi Literasi.

Acara yang benar-benar memanfaatkan garasi sebagai tempat kegiatan ini menghadirkan Suwanda, penulis cerita anak dari Kota Metro yang juga ketua FLP Lampung.

Garasi Literasi ini dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan. Baik siswa, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, maupun guru.

Garasi Literasi sendiri merupakan progaram perdana yang dimiliki Rumbah Baca Fathi Nadia Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap tiga pekan sekali ini akan diisi dengan pelatihan menulis dan juga pemberdayaan untuk masyarakat sekitar.

Adanya Rumah Baca ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi masyarakat sekitar dan sarana untuk mempererat tali silaturahim.

Menurut Suwanda, ide untuk menulis cerita anak itu jangan ditunggu, sebab ide dapat kita jumpai di mana saja.

“Menulis cerita anak itu tidak sulit. Sebab kita pernah mengalami masa anak-anak. Ide menulis juga bisa datang dari mana saja. Bahkan kita bisa mengundang ide untuk hadir. Caranya dengan melihat foto, gambar, mendengar anak-anak bercerita, mengingat masa kecil dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

Joko Herianto, salah satu peserta dari Purbolinggo yang merupakan pengajar di SDIT Cahaya Permata mengaku puas meski jauh-jauh hadir.

“Saya rasa ini kegiatan yang menyenangkan. Asyik sekali. Karena baru pertama saya ikut kegiatan seperti ini. Banyak ilmu dan informasi baru yang saya peroleh. Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut. Kalau bisa hasil pelatihan nanti dibuat buku, biar peserta tambah semangat,” kata dia.

Andre, pengelola Rumba Baca yang berdiri sejak tahun 2016 ini berharap ke depan kegiatan seperti ini terus diminati oleh masyarakat.

Menurutnya, kegiatan literasi ini penting untuk terus dikembangkan oleh siapapun karena ini adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara.

“Sementara ini kegiatan yang kami lakukan baru sebatas taman bacaan dan juga pustaka bergerak. Kami meminjamkan buku kepada warga sekitar. Pada hari Minggu kami berkeliling ke TPA-TPA (Taman Pendidikan Al Quran) untuk meminjamkan buku-buku. 

Garasi Literasi ini sendiri program perdana. Kami berharap pelatihan-pelatihan seperti ini dapat menarik minat masyarakat untuk membaca buku, dan juga menulis tentunya.”

Sementara ini koleksi buku yang dimiliki oleh Rumah Baca Fathi Nadia baru berjumlah ratusan judul. Partisipasi masyarakat sebagai donatur buku-buku bekas yang masih layak baca sangat dinanti oleh pengelola.

“Sementara buku yang kami miliki terbatas. Kami sangat berharap ada masyarakat yang ingin mendonasikan buku ke Rumah Baca yang kami kelola. Tak masalah buku bekas, intinya buku itu masih layak baca dan manfaat bagi pengujung. Jika ada yang tertarik untuk donasi buku bisa langsung mengunjungi alamat kami di Jalan Mangga IV Banjarrejo, Batanghari Lampung Timur atau menghubungi 08977741937. [Suwanda]

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.