Terapkan Program Literasi, SMP Negeri 3 Jabung Bentuk Duta Literasi


Jabung Online – SMPN 3 Jabung mengukuhkan duta literasi. Mereka berasal dari siswa dan siswi kelas VII, VIII dan IX, Senin, 2/9/2019.

Ini sekaligus menyongsong Hari Aksara Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 September.

Aris Risna Kurniawan menjelaskan sesaat setelah mewakili Kepala SMP Negeri 3 Jabung dalam pengukuhan duta literasi, "Duta Literasi dipilih minimal 2 orang sehingga dipastikan di SMPN 3 Jabung ada duta literasi".

Hal ini bertujuan agar setiap duta literasi mampu mengontrol, mengawal,  mengawasi serta mengevaluasi jalannya program literasi sekolah yang rutin dilaksanaan di kelasnya masing-masing.

"Contohnya yaitu program 15 menit membaca dan perpustakaan kelas. Selain itu duta literasi berperan untuk mengajak teman-temannya gemar membaca, menulis,  berpikir kritis,  berkomunikasi yang baik dan mampu mengevaluasi informasi-informasi dari luar, sehingga tujuan akhir dari duta literasi ini adalah menyebarkan semangat literasi warga SMPN 3 Jabung pada khususnya melalui program-program literasi sekolah yang telah disepakati bersama dengan Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS)." terangnya.

Selain pojok baca di dalam kelas, alternatif lainnya pojok baca di depan kelas Manfaatnya adalah bukan hanya siswa yang membaca buku, melainkan guru dan orang tua yang mengantarkan anaknya juga bisa membaca buku yang tersedia.

“Agar buku-buku lebih dekat kepada anak-anak, Mereka harus sedini mungkin didekatkan dengan buku agar budaya baca berhasil. Selain siswa, guru-guru di sini juga wajib membaca,” tegas Aris Risna Kurniawan, yang menjabat Waka Bidang Kurikulum SMPN 3 Jabung.

Kepala Sekolah Wirti Asih menyampaikan bahwa Duta Literasi bukanlah sebuah organisasi.

"Duta literasi ini adalah tim khusus di bawah komando Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS)  untuk bersama-sama menjalankan program literasi sekolah dan menjadikan warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat, cinta pengetahuan, dan rindu pada bacaan". timpalnya.

"Duta Literasi angkatan pertama dilantik pada tanggal 2 September 2019. Sebelumnya sudah dilakukan seleksi oleh duta literasi untuk menyaring siapa yang memenuhi kriteria, antara lain peminjam buku paling banyak dengan bukti resume dan dengan tes pembuatan puisi serta tes aksara Lampung". Tandasnya. (JO/Nn)

No comments

Powered by Blogger.