Junaidi Auly Dorong Perkembangan Ekonomi Halal di Indonesia

Jabung Online - Indonesia sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia mempunyai potensi yang besar dalam mengembangkan ekonomi halal seperti makanan halal, keuangan Islam, produk halal, fashion dan pariwisata.

Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly menjelaskan perkembangan ekonomi halal di Indonesia masih belum semuanya tergarap dengan optimal, bahkan cenderung berkembang secara parsial. Menurutnya, jika dikelola dengan baik, ekonomi halal dapat menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Indonesia punya potensi itu pasti, tapi harus ada keseriusan dukungan regulasi dan implementasi. Hal ini penting agar tidak berujung wacana”. ujar Junaidi dalam agenda Sosialisasi tentang Ekonomi Halal bersama Bank Indonesia di Pasir Sakti, Lampung Timur (Jum'at, 13/12/2019).

Berdasarkan State of the Global Islamic Economy Report dijelaskan bahwa sektor-sektor inti dari ekonomi Islam mewakili peluang pengeluaran konsumen sebesar $2,2 triliun pada tahun 2018, diproyeksikan akan tumbuh menjadi $ 3,2 triliun pada tahun 2024. Aset keuangan Islam diperkirakan sebesar $ 2,5 triliun pada tahun 2018, dan diproyeksikan akan tumbuh hingga $ 3,5 triliun pada tahun 2024.

Legilator PKS asal Lampung ini menambahkan “Jika ekonomi halal dikembangkan dengan baik tentunya mendorong pertumbuhan ekonomi. Tapi ingat jangan terjebak menjadi pasar, tapi kita harus jadi produsen juga”.

“Pemerintah harus jeli dalam melihat peluang sumber pertumbuhan ekonomi dari ekonomi halal. Selain itu pelaku usaha harus aktif berperan dalam membangun ekosistem yang baik." tutup Junaidi. (Hadi)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close