Di Negara Ini, Nonton Drakor Bisa Kena Hukuman Mati?

Jabung Online - Demam K-Wave yang merambat mulai dari pakaian, musik, hingga film dan drama dari Korea Selatan sudah menyebar ke seluruh dunia. Terutama drama Korea atau drakor yang sudah menjadi hiburan umum bagi banyak orang, khususnya di Indonesia.

Judul drakor seperti Crash Landing On You, Squid GameThe World of the Married, hingga Reply 1988 tentu akrab di telinga, bahkan sudah tamat menontonnya. Hayo, siapa yang udah nonton?

Kamu beruntung tinggal di Indonesia, karena bisa menamatkan banyak drakor favorit dan melihat paras Han So Hee dan Hyun Bin yang menawan di layar kaca.

Beda ceritanya jika tinggal di Korea Utara, kamu bisa dihukum mati hanya karena nonton drakor. Kok bisa?

Tiga siswa SMA dihukum mati karena menonton drakor

Dilansir Allkpop.com, dilaporkan bahwa tiga siswa SMA di negara pimpinan Kim Jong Un tersebut dihukum mati karena tertangkap basah menyaksikan serta mendistribusikan tayangan drama dari Korea Selatan tersebut.

Siswa tersebut diketahui telah menontonnya sejak awal Oktober 2022, tidak hanya drakor saja namun juga beberapa series Amerika Serikat.

Mereka tertangkap oleh pihak berwenang Korea Utara saat berupaya untuk mengedarkannya di antara teman-teman mereka.

Kebijakan “nonton drakor berujung maut” di Korea Utara dilandasi oleh Hukum Anti-reaksioner tentang pendistribusian konten audiovisual dari Korea Selatan yang diterapkan sejak Desember 2020.

Dalam aturan tersebut, tertulis bahwa siapapun yang mengimpor, menonton, serta menyebarkannya, maka ia akan dihukum mati, tanpa pandang umur.

Dengan berlakunya aturan ini, ketiga siswa SMA tersebut tak bisa mengelak dari hukuman kejam negeri Kim Jong Un.

Kasus ini bukan yang pertama kali

Cerita soal eksekusi mati karena menonton drakor ini bukan yang pertama kali terjadi.

Pada tahun 2021 lalu, seorang pria juga dihukum mati karena menyelundupkan serial Netflix, Squid Game di flash disk melalui China, dan menjual salinannya ke salah satu sekolah. Hal ini diketahui setelah tujuh siswa SMA ketahuan menonton acara tersebut.

Seorang siswa yang membeli USB dari penyelundup tersebut dijatuhi hukuman seumur hidup, sementara enam orang lainnya yang menonton Squid Game bersamanya telah dijatuhi hukuman kerja paksa selama lima tahun.

Sedangkan untuk guru dan administrator sekolah juga dipecat dan dibuang untuk bekerja di daerah terpencil di tambang.

Nonton drakor bisa berujung maut. Menakutkan, ya? Padahal sebenarnya, Kim Jong Un juga menonton drakor sebagai media hiburannya.

Bedanya, drakor yang ditonton adalah drama Korea Utara. Mari menonton drama Korea sepuas-puasnya sebelum dilarang negara!

Penulis: ASA

Editor: BEN

No comments

Powered by Blogger.