Mensos Khofifah: Kemiskinan, Kebodohan dan Narkoba Menjajah Bangsa Kita

Jakarta - Bangsa Indonesia saat ini dijajah dengan kemiskinan dan kebodohan yang segera harus diatasi. Selain ini narkoba juga menjadi salah satu musuh utama bangsa Indonesia

“Kemsikinan dan kebodohan yang menjajah bangsa kita saat ini," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan di acara Kenduri Maulid Akbar di Taman Pala Indah, Kota Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, seperti dikutip dalam rilis, Kamis(19/3/2015).

Untuk memerangi kebodohan, pemerintah meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi anak usia sekolah 7-18 tahun. Sedangkan, dalam pengentasan kemiskinan diluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi keluarga miskin. 

“Tidak hanya itu, juga ada Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), kartu raskin dan kartu Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi korban penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Saat ini, korban penyalahgunaan narkoba 4,5 juta orang di seluruh Indonesia dan uang yang digunakan untuk membeli narkoba dalam setahun mencapai Rp 62 triliun. 

“Indonesia sudah pada tahap darurat narkoba. Pasalnya, narkoba sudah menjangkau desa-desa terpencil dengan korban dari berbagai kalangan dan profesi, “ katanya.

Untuk validasi data penerima kartu-kartu tersebut, pemerintah terus melakukan pembaruan data agar pembagian bisa merata. Kepada bupati serta kepala dinas sosial agar berkoordinasi mendata warganya yang berhak mendapatkan dari kartu tersebut.

“Bupati dan kadis agar mendata dan mendaftarkan semua warga yang berhak mendapatkan segala kemudahan ini. Data itu bisa membantu memperbarui data terakhir penerima," pintanya.

Turut hadir Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, Muspida dan ribuan orang memadati lapangan dan tenda-tenda yang disediakan, serta dimeriahkan taushiyah Maulid.

Acara diakhiri Mensos dan Bupati membagi-bagikan aneka buah-buahan dan makanan dari hasil laut dan hasil bumi yang sudah terkumpul dalam gunungan yang biasa disebut 'jamba' oleh warga setempat.

No comments

Powered by Blogger.