Rycko Menoza: Dinas Pendidikan Harus Cek Soal Sebelum Diujikan

KALIANDA - Bupati Lampung SelatanRycko Menoza SZP menilai Dinas Pendidikan Lampung Selatanperlu melakukan cek akhir materi soal yang akan diujikan kepada murid, mulai SD, SMP maupun SMA.
Ia mengatakan materi soal harus sesuai dengan bobot tingkatan jenjang pendidikan dan juga jenjang kelas. Soal yang diujikan haruslah menjadi bagian dari proses pembelajaran dan pendidikan.
"Perlu ada pengecekan akhir oleh tim atau pejabat tertentu yang berwenang melakukan pemeriksaan soal sebelum dibuat dan diujikan kepada anak didik," ujarnya kepada Tribun Lampung, Jumat (27/3/2015).
Rycko pun menilai munculnya pilihan jawaban yang kurang tepat pada soal ujian mid-semester mata pelajaran IPS untuk anak kelas 2 SD di Way Huwi, Lampung Selatan yang menjadi polemik di media sosial perlu menjadi perhatian dinas pendidikan untuk perbaikan kedepannya.
Netizen Lampung dihebohkan soal mid semester tahun ajaran 2014/2015 untuk SD Kelas 2 yang tidak sesuai dengan pola pikir anak-anak.
Soal diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Lampung Selatan untuk mata pelajaran IPS.
Dari foto yang diunggah pemilik akun facebook Iin Muthmainah pada 25 Maret 2015 pukul 7.50 WIB tersebut tertera pertanyaan pilihan berganda mengenai tugas seorang dokter.
Tugas dokter adalah...
A. Memeriksa pasien
B. Mematikan pasien
C. Merawat pasien
"Ini kan menghancurkan logika anak-anak, meski jawaban itu salah. Tapi anak-anak tidak sesuai dengan pilihan seperti ini, apa tidak ada lagi pilihan lainnya?" kata Iin saat dihubungi Tribun, Kamis (26/3/2015) pagi.

No comments

Powered by Blogger.