Skenario Koalisi AKP dengan CHP dan MHP

AKP terus mempertimbangkan kemungkinan skenario koalisi. Perdana Menteri Ahmet Davutoglu mengatakan kepada anggota senior partainya bahwa koalisi dengan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) akan lebih kompatibel, sementara koalisi dengan Partai Republik Rakyat (CHP) akan lebih membawa banyak solusi.

"Koalisi dengan MHP akan kompatibel, tapi banyak masalah akan bisa diselesaikan dengan CHP. Saya khawatir akan fakta bahwa koalisi tidak bertahan lama. Untuk alasan ini, kita harus siap untuk pemilihan awal untuk hari ini," kata Davutoglu pertemuan dewan eksekutif pusat di Ankara pada 11 Juni, Media hurriyetdailynews melaporkan Jumat (12/6).

Davutoglu dan tokoh senior partainya sedang mendiskusikan skenario koalisi secara rinci karena tidak ada empat partai politik yang masuk parlemen yang bisa membentuk pemerintahan satu partai. Dengan raihan suara AKP yang lebih dari 18.860.000 orang ( 40,87 persen), Davutoglu memiliki hak untuk membentuk pemerintah koalisi sesuai dengan hukum dan norma-norma politik.

Davutoglu dilaporkan mengatakan kepada anggota senior AKP bahwa akar rumput partai akan lebih nyaman dalam koalisi dengan MHP, tapi CHP lebih antusias berada di pemerintah dan AKP akan bekerja lebih baik dengan CHP untuk menemukan solusi bagi masalah-masalah tertentu.

*hurriyetdailynews.com, duniatimteng.com

foto: Ahmet Davutoglu, Ketua AKP dan PM Turki

No comments

Powered by Blogger.