Duo Korea Kembali Lanjutkan Dialog Damai

Pihak Korsel berharap kesenjangan pendapat antara pihaknya dan Korut akan mengecil dalam putaran terbaru dialog damai tersebut  REUTERS
SEOUL - Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) dilaporkan kembali melanjutkan dialog damai. Langkah ini adalah kelanjutan dari dialog damai yang berlangsung kemarin, yang tidak membuahkan hasil apapun.

Melansir Channel News Asia pada Minggu (23/8/2015), perwakilan kedua negara akan kembali bertemu di kota Panmunjom, yang berada di wialayah perbatasan. Dialog ini dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 13.30 waktu Korea, atau pukul 18.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Pihak Korsel berharap kesenjangan pendapat antara pihaknya dan Korut akan mengecil dalam putaran terbaru dialog damai tersebut. Dialog damai ini merupakan satu-satunya peluang bagi kedua untuk mendinginkan situasi, dan menghindari perang.

Putaran terbaru dialog damai ini merupakan dialog pertama antara pejabat tinggi kedua negara dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Beberapa pengamat menilai, pertemuan ini adalah kemajuan besar dalam upaya damai kedua negara bertetangga ini.

Namun, walaupun dialog damai terus bergulir, kedua negara masih terus bersiaga penuh. Bahkan, Korut dikabarkan sudah menambah jumlah personel di perbatasan, dan sudah mengerahkan kapal selam, yang diduga dikerahkan ke wilayah semenjung Korea.



No comments

Powered by Blogger.