Inilah Orang di Balik Suksesi Jokowi dari Gubernur DKI hingga menjadi Presiden RI

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkap figur yang membantu melejitkan karier politik Presiden Joko Widodo. Figur tersebut adalah Andrinof Chaniago yang saat ini menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Kepala Bappenas).

Tjahjo mengungkapkan, jelang bergulirnya Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Andrinof menemuinya hampir setiap hari untuk meyakinkan PDI-P agar mengusung Jokowi melawan calon petahana, Fauzi Bowo. Ia mengungkapkan bahwa Andrinof sangat gigih saat berusaha meyakinkannya mengenai kalkulasi kemenangan Jokowi dalam Pilgub DKI.

“Tiap hari dia datang ke kantor saya, meyakinkan supaya dukung Jokowi di (Pilgub) DKI,” kata Tjahjo ketika menjadi pembicara di Lemhannas, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Saat itu, Tjahjo masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDI-P dan anggota Komisi I DPR RI. Sementara itu, Andrinof merupakan akademisi Universitas Indonesia yang sering mengamati isu-isu perkotaan dan kebijakan publik.

“Dia bilang, meski Foke (Fauzi Bowo) didukung semua partai, Jokowi pasti menang hanya dengan dukungan PDI-P dan Gerindra saja,” ucapnya.

Karena terus diyakinkan oleh Andrinof, kata Tjahjo, ia pun akhirnya mengusulkan Jokowi sebagai figur yang akan diusung dalam Pilgub DKI kepada Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri. Gayung bersambut, Megawati memberi restu dan sepakat berkoalisi dengan Partai Gerindra yang mengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Usaha Andrinof tidak sia-sia. Jokowi-Basuki memenangi Pilgub DKI dan dilantik pada 15 Oktober 2012. Baru sekitar satu pekan setelah hari pelantikan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta, Andrinof menemui Tjahjo dan kembali berusaha meyakinkan bahwa Jokowi berpeluang memenangi Pilpres 2014.

“Setelah (Jokowi) jadi gubernur, baru seminggu, orang itu datang lagi. Dia bilang Jokowi pasti menang kalau jadi calon presiden. Namanya Pak Andrinof Chaniago, dia yang memperjuangkan gigih ke partai-partai, mulai dari gubernur sampai sekarang jadi presiden,” ucap Tjahjo seperti dilansir dari lamankompas.com

No comments

Powered by Blogger.