Angin Kemenangan AKP di Pemilu Ulang Turki

Hasmi Bakhtiar
S2 Hubungan Internasional Lille, Perancis 

Peluang angin kemenangan akan mengarah kemana dalam pemilu Turky yang akan segera dihelat?

1. Setelah AKP kehilangan banyak kursi di parlemen pada pemilu Juni lalu, dan gagalnya Ahmet Davutoglu membentuk pemerintah koalisi...

2. Maka rakyatlah menjadi pihak penentu kekuasaan di Turky kedepan, dengan menggelar pemilu kembali (1 November 2015).

3. Saat ini, ada empat partai besar di Turky yg bakal bersaing memperebutkan suara rakyat, dan tentu yg akan melukis wajah demokrasi di sana.

4. AKP tentu menjadi partai terkuat hingga saat ini, kemudian CHP yang beraliran sekuler, MHP dan tentu HDP (Kurdi).

5. Menurut gw partai kecil lainnya (yg pemilu Juni lalu tak lolos PT 10%) akan minggir dulu untuk pemilu kali ini, empat partai ini yang akan bertarung habis habisan.

6. HDP ini pada pemilu Juni kemaren sempat bikin kaget AKP dan partai lainnya, kalo ga mau dibilang panik. Pasalnya meraup suara sampe 12%.

7. Target partai Kurdi ini cuma 10% eh dapetnya 12%, pemilih AKP banyak yang ganti haluan ke partai ini.

8. Mengapa pada pemilu kemaren partai Kurdi bisa 'mencuri' suara AKP? Karena adanya harapan baru damainya suku tertindas tsb dg pemerintah.

9. Dan benar, harapan masyarakat luas tsb terwujud dalam bentuk kursi di parlemen. Namun ternyata harapan pemilih partai Kurdi tsb kandas.

10. Pemberontakan suku kurdi makin menjadi, dan Erdogan melihat adanya HDP di parlemen gak bisa meredam pemberontakan tsb.

11. Dan ‘sialnya’, Erdogan berhasil mengangkat issue ini menjadi issue nasional, kalo ada dan tiadanya HDP sama saja, harapan pemilih pupus.

12. Lebih ‘sialnya’ lagi, Erdogan berhasil meredam pemberontakan kurdi dan berhasil mengontrol masalah agar gak campur aduk dg masalah Suriah.

13. Walopun AKP mengalami krisis suara terparah sejak pemilu 2002 silam, namun dengan keberhasilan Erdogan meredam pemberontakan Kurdi....

14. ...akan menjadi titik balik bagi suara AKP, gw rasa suara yang kemaren nyeberang ke HDP akan kembali.

15. Ditambah Erdogan berhasil meredam intrik internal AKP (dengan mulusnya Munas AKP pekan lalu dan terpilihnya kembali Ahmet Davutoglu sebagai Ketum AKP -red), kekuatan partai lebih efektif untuk memenangkan pemilu kedepan.

16. Kalau gw prediksi, pemilu kedepan akan didominasi AKP dan CHP yang sekuler. Adapun HDP yang sudah dikasih kesempatan bakal kegusur.

17. Namun yang harus dipikirkan Erdogan dan AKP adalah bagaimana pemberontakan kurdi tidak meluas.

18. Karena ketika HDP kalah pemilu, ada kemungkinan mereka kembali angkat senjata, dan stabilitas Turky terutama politik ekonomi akan jd sasaran.

19. Ini hanya amatan sekilas melihat kondisi politik Ankara dan Istanbul saat ini, semoga Turky sebagai harapan umat islam terus jaya!

20. Gw ngeliatnya kalo Erdogan dan AKP kemaren gagal ngeyakinin publik Turky terutama terkait perangi teroris Kurdi alamat AKP bakal masuk angin.

21. Sampe sekarang gw liat mereka sukses. Benar atau salahnya amatan gw ini kita liat di hasil pemilu kedepan :)

No comments

Powered by Blogger.