Acara Panggung Gembira Gontor yang Menggemparkan Dunia, Ternyata Hasil Karya Anak Remaja

Panggung gembira gontor merupakan acara yang paling dinantikan oleh seluruh santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara yang hanya berlangsung beberapa jam ini dapat menyita perhatian para penonton. Bahkan bukan hanya saja santri, wali santri dan para tamu undangan yang dibuat tercengang, seluruh dunia pun dibuat tercengang. Bagaimana tidak, anak setingkat SMA kelas 3 (tiga) dapat membuat acara yang sangat dahsyat dan spektakuler. Sampai-sampai ketika orang luar negeri tahu bahwa ini adalah karya anak remaja yang baru berusia rata-rata 18 tahun, mereka tercengang sambil berkata “kok bisa?”.
Ini dia beberapa acara panggung gembira gontor terdahsyat dan terspektakuler dari tahun ke tahun.

1. Panggung Gembira Maziero Razienera

panggung gembira gontor 681
panggung gembira gontor 681
Maziero Razienera adalah nama marhalah 2007, alumni Pondok Modern Darussalam Gontor angkatan ke-81. Biasa juga dikenal 681 atau 62007. Walau terdengar sangat asing, nama tersebut memiliki makna yang sangat dalam.
Maziero Razienera tersebut bermakna marhalah pertama yang lahir di awal usia 80 tahun kedua Pondok Modern Darussalam Gontor; memiliki jalinan persaudaraan dengan memperjuangkan misi ‘khairul ummah’ atau menjadi umat terbaik, demi menegakkan syariat Allah dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. (maziero681.com)

2. Panggung Gembira Forza Vilhadervia

panggung gembira gontor 682
panggung gembira gontor 682
Forza Vilhadervia yang artinya “kami para siswa akhir KMI 2008 ketika telah lulus membawa misi bersama yaitu mewarnai dunia. Dengan peradaban Gontor kami warnai dunia.”
Panggung Gembira 682 diadakan di Pondok Gontor pada tanggal 6 desember 2007. Acara ini berlangsung amat meriah. PG pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada halhal yang baru misalnya:symphony 682, Candi (Canda Islami) yang diselingi dengan film nagabonar jadi 2, Tari Nusantara yang tidak terputus, Tari Aceh Terpanjang, dan lain sebagainya. (blackforza2008.blogspot.co.id)

3. Panggung Gembira Paragon Generation

panggung gembira gontor 683
panggung gembira gontor 683
Paragon Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2009. Sesuai dengan namanya paragon yang artinya suri teladan, oleh karena itu diharapkan dapat menjadi suri teladan yang baik ditengah-tengah merosotnya moral dan akhlak.
Panggung gembira paragon generation sungguh mempesona dengan background panggung yang berwarna hijau dan taman basatin yang indah, membuat suasana panggung terasa natural.

4. Panggung Gembira Prime Generation

panggung gembira gontor 684
panggung gembira gontor 684
Prime Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2010. Nama ini diberikan oleh KH, Hasan Abdullah Sahal (pimpinan/pengasuh PMDG) kepada siswa akhir KMI 2010, yakni Prime Generation. Secara harfiah, Prime berarti prima. Prima Berarti Sempurna, mumtaz, excellent. Prima berarti bisa menjadi qudwah. Prima berarti baik, benar dan menjadi panutan. Menjadikan sebuah harapan besar yang diembankan diatas pundak para alumni 2010 kelak, agar menjadi alumni yang benar-benar prima, untuk menelurkan kader-kader ummat yang berjuang demi kejayaan bangsa. (generasiprima.blogspot.co.id)
Panggung gembira marhalah ini memiliki banyak gebrakan-gebrakan baru, terutama dari desain panggung. Penampilan panggung gembira yang outdoor dibuat seakan-akan indoor. Maka tidak heran kalau panggung gembira 684 ini banyak membutuhkan triplek dan biaya yang cukup “wow”. Meski demikian penampilan yang disuguhkan membuat penonton takjub hingga menimbulkan efek “wow”.

5. Panggung Gembira Idealist Leaders Generation

panggung gembira gontor 685
panggung gembira gontor 685
Idealist Leaders Generation adalah nama marhalah dari santri Pondok Modern Darussalam Gontor alumni tahun 2011 di umur Pondok yang ke-85 tahun.
Idealist Leaders adalah penggabungan dari 2 kata yaitu Idealist dan Leaders. Idealist sendiri diambil artinya ideal. Sedangkan Leaders artinya pemimpin, artinya adalah diharapkan Generasi ini akan mencetak pemimpin yang ideal yang mempunyai kriteria kreatif, berkualitas, semangat, ukhuwah di segala aspek dan tempat yang mereka pijaki.(idealistleaders685.wordpress.com)

6. Panggung Gembira Pioneer Generation

panggung gembira gontor 686
panggung gembira gontor 686
Pioneer Generation adalah identitas sebuah marhalah ini sendiri. Dengan adanya nama marhalah ini, alumni KMI tahun 2012 dapat dengan bangganya membawa identitas mereka sebagai alumni seusai menamatkan pendidikan mereka dari Kampung Damai. Dan Pioneer Generation sendiri mengandung makna sang pelopor, perintis dan pencetus. Dengan harapan marhalah ini menjadi generasi yang mempelopori peradaban dunia dengan semua dinamika pergerakannya, menjadi pelopor hal-hal yang bisa dijadikan teladan bagi generasi selanjutnya. (pioneer686web.blogspot.co.id)

7. Panggung Gembira Dynamic Generation

panggung gembira gontor 687
panggung gembira gontor 687
Dynamic Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2013. Sesuai dengan namanya dynamic yang artinya dinamis, oleh karena itu diharapkan dapat menjadi penggerak yang mampu menggerakkan umat menuju khoirul ummah.
Panggung Gembira 687 yang diselenggarakan pada 18 Oktober 2012 ini mampu menyita perhatian para penonton dengan penampilan-penampilannya yang spektakuler.

8. Panggung Gembira Smart Generation

panggung gembira gontor 688
panggung gembira gontor 688
Smart Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2014. Smart bukan berarti cerdas saja. Kata “smart” identik dengan kata pujian bagi mereka yang berhasil dan meraih prestasi, baik akademis maupun non-akademis. Karena sifat kuat, sabar, tabah dan tegak merupakan kunci utama dalam meraih prestasi dan dari prestasi itulah akan lahir Smart!(kwsepuluh.blogspot.co.id)

9. Panggung Gembira Prestigious Generation

panggung gembira gontor 689
panggung gembira gontor 689
Prestigious Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2015. Sesuai dengan nama marhalahnya panggung gembira 689 sangat bergengsi. Panggung gembira 689 diselenggarakan pada 25 September 2015 yang diikuti oleh 739 orang santri kelas 6 KMI, 350 orang santri kelas 1–4 dan melibatkan kurang lebih 85 orang guru KMI. Perhelatan yang berlangsung selama 4 jam 36 menit.
Dua hal besar yang berbeda pada perhelatan akbar kali ini. Pertama, seluruh background panggung terbuat dari styrofoam. Kedua, posisi panggung menhadap ke arah Barat dan tidak lagi menghadap ke selatan.(gontor.ac.id)

10. Panggung Gembira Identity Generation

panggung gembira gontor 690
panggung gembira gontor 690
Identity Generation adalah marhalah siswa KMI 2016. Panggung gembira 690 digelar pada Sabtu, 12 September 2015 lalu. Dengan mengusung tema “Gontor Mendidik Bangsa, Membangun Peradaban Dunia,” seluruh siswa Kelas 6 “Identity Generation” menampilkan hampir 47 penampilan dalam sebuah panggung yang dimulai pukul 19.30 WIB hingga 00.15 WIB.
Panggung Gembira kali ini mengusung 5 acara inti.  Kelima acara yang bersifat drama tersebut adalah  ‘Ketika Arjuna Bertasbih’ (Wayang), ‘Alangkah Lucunya Negeri Bento’ (Opera), ‘Guru Bangsa, HOS Cokroaminoto’ (Drama Tragedi), ‘Goku Goes to Campus’ (Masquerade), dan Surga Satu Menara (Kolaborasi Drama Panggung dan Drama Visual).
Panggung Gembira kali ini menyajikan bermacam hal-hal baru. Diantaranya, penggunaan drone, pelepasan thousand ballons, penggunaan jas marhalah, menyanyikan lagu Hymne oh Pondokku, penggunaan panggung hydraulic, pengadaan ‘orang terbang’, penggunaan taman yang dapat berubah bentuk tulisan, pengadaan novel “Surga Satu Menara”, dan gebrakan-gebrakan lainnya. Dan, untuk pertama kalinya dalam sejarah penilaian Panggung Gembira, yaitu seluruh Anggota Badan Wakaf dan Ketua Lembaga Pondok Modern Darussalam diberi kesempatan untuk memberi apresiasi dan nilai untuk Panggung Gembira malam tersebut.(gontor.ac.id)

Pelajaran dan Hikmah

Pondok pesantren merupakan tempat untuk mendidik para santri agar kelak berguna bagi ummat. Semua yang ada di pondok baik yang dilihat, didengar dan dirasakan adalah pendidikan. Jadi, apa yang dapat dipelajari dari penyelenggaraan acara Panggung Gembira ini bagi para santri? Pelajaran yang terpenting adalah:
1. Pendidikan Tanggung Jawab
2. Pendidikan Kebersamaan
3. Pendidikan Keikhlasan
4. Pendidikan Keberanian dan Kepercayaan Diri
5. Pendidikan Penampilan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
6. Pendidikan Kepimpinan
7. Pendidikan Kedisiplinan yang Tinggi

No comments

Powered by Blogger.