Heboh Buku “Program Pelajaran Jakarta Berkarakter”, Ini Tanggapan Disdik DKI


jabung-online.org - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menepis dikatakan buku berjudul "Program Pelajar Jakarta Berkarakter" telah menyudutkan agama Islam. Dalam hal ini Dinas Pendidikan berharap masyarakat dapat lebih bijak menangkap persoalan dan tidak mudah terprovokasi. 

"Itu kan yang ngomong begitu menerjemahkan sendiri, melihat buku hanya sepenggal. Padahal di halaman 7 itu semua dibahas soal sejarah Islam dari analisa penemu ilmu pengetahuan," ujar Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan DKI, Fathurin Zein seperti dilansir Rimanews, Rabu (2/9/2015). 

Seperti contoh, teori Darwin yang mengemukakan asal usul manusia berawal dari seekor kera yang mengalami berbagai tahap perubahan hingga menjadi manusia seutuhnya, dikatakan Fathurin, juga dibahas dalam bukun itu. Namun, dia mengatakan, akan menjadi salah jika sesorang hanya mengambil sepenggal dari teori tersebut tanpa membaca halaman berikutnya. 

"Kalau baca di halaman berikutnya, maka akan mengerti apa tujuan dari materi tersebut," terangnya. 

Sebelumnya, buku tersebut menuai kritikan netizen (masyarakat pengguna internet) di sosial media karena beberapa pernyataan di dalamnya yang menyudutkan agama, terutama Islam. 

Dalam buku tersebut, penulis menyebut bahwa agama hanya buah dari keputusasaan jiwa dan membawa manusia pada penderitaan hidup karena selalu menjadi penyebab peperangan dan mengajurkan penganutnya sebagai teroris. 

Sebagai dasarnya, buku yang diterbitkan Yayasan al-Kahfi DKI Jakarta ini mengutip potongan ayat al-Quran (hal.10). 

Kontroversi isi buku tersebut tak hanya itu. Di halaman lain, penulis menyebut bahwa semua fenomena di alam sekadar hasil dari mekanisme natural, lepas dari campur tangan Tuhan. Penulis menyandarkan pendapatnya pada tesis Isaac Newton tentang ketetapan hukum alam. 

Penulis juga mendorong orang untuk tak lagi meminta pertolongan Tuhan karena manusia bisa mengatur urusannya sendiri.

No comments

Powered by Blogger.