Kedatangan Jokowi ke Arab Saudi "Disambut" Tragedi


jabung-online.org - Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi, Jumat (11/9) "disambut" tragedi. Hampir berbarengan dengan penyambutan Presiden di Jeddah, sebuah alat berat (crane) jatuh di Masjidil Haram, Mekkah. [Baca: Badai Hantam Mekkah, Crane Roboh Tewaskan 107 Jamaah Haji]

Sekitar pukul 17.45 waktu setempat, badai hebat membuat alat berat roboh dan menimpa jemaah hingga menewaskan sedikitnya 107 jamaah haji dan 238 luka-luka. Dua warga negara Indonesia meninggal dalam kejadian itu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan insiden itu terjadi bertepatan dengan mendaratnya pesawat berisi rombongan RI-1. "Ada badai luar biasa kencang, tidak cuma di Makkah tapi di Jeddah juga, Pak Jokowi juga pas mendarat," ujarnya lewat pesan singkat, Sabtu (12/9), dikutip merdeka.com.

Awalnya, pihak kerajaan Arab Saudi akan melakukan upacara sambutan kedatangan Jokowi beserta rombongan yang dipimpin oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis. Namun, dikarenakan hujan deras yang disertai angin kencang membuat upacara tersebut dibatalkan.

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Alwi Shihab sesampainya di Jeddah langsung menuju Istana King Faisal, Jedaah.

Presiden Jokowi kemudian menggelar konferensi pers di Istana Faisal, langsung menyampaikan duka cita mendalam atas tragedi itu.

"Saya sampaikan duka cita mendalam kepada para korban, termasuk warga kita dari Indonesia," kata Jokowi seperti dikutip dari detikcom. Jokowi juga memerintahkan Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin untuk memantau perkembangan kasus itu, termasuk mendampingi puluhan korban yang masih luka-luka.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di Timur Tengah, mulai Jumat (11/9/2015) kemarin hingga Selasa (15/9/2015). Ketiga negara itu adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar.

Innaalillahi wa innaa ilaihi roojiuun.... Semoga yang wafat mendapat syahid di sisi Allah, yang sakit segera sembuh dan keluarganya diberikan kesabaran... YaaaRabb....

Sumber : Piyungan

No comments

Powered by Blogger.