Sekjen PAN: Kami Bergabung ke Pemerintah, Bukan ke KIH

Zulkifli Hasan ketika mengumumkan PAN bergabung dengan pemerintah

jabung-online.org - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno menegaskan bahwa pihaknya hanya bergabung ke pemerintah. Dia membantah bahwa PAN bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Hebat yang merupakan gabungan partai politik pendukung pemerintah.

"Persepsi ini perlu kami luruskan. Kami bergabung ke pemerintah, bukan ke KIH. Agak bahaya kalau kami disebut bergabung ke KIH," kata Eddy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/9/2015).

Menurut Eddy, hal inilah yang membuat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan lebih memilih untuk lebih dulu berkomunikasi langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, bukan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Saat ditanya apakah bergabung ke pemerintah ini menandakan bahwa PAN keluar dari Koalisi Merah Putih, Eddy menjawab diplomatis.

"KMP dan KIH sudah tidak relevan lagi, itu kan kerjasama saat pilpres. Sekarang masing-masing sudah punya kerja sama di bawah. Di Pilkada kami gabung ke Hanura, ke PDI-P," ucap Eddy.

Ia menambahkan, keputusan PAN untuk bergabung ke pemerintah ini dikarenakan kondisi ekonomi yang sedang sulit. Dengan bergabung ke pemerintah, diharapkan PAN bisa lebih berkontribusi dalam membantu Jokowi-JK mengatasi berbagai persoalan ekonomi.

Zulkifli Hasan sebelumnya mengumumkan secara resmi bergabung ke KIH dalam sebuah jumpa pers di Istana Merdeka, Rabu (2/9/2015) siang. Jumpa pers dilakukan setelah Zulkifli mengadakan pertemuan tertutup dengan Jokowi.

"Pada hari ini, kami menyatakan bergabung, kalau sebelumnya mendukung, kini kami nyatakan bergabung dengan pemerintah untuk sukseskan program pemerintah," kata Zulkifli.

Sumber : KOMPAS

No comments

Powered by Blogger.