Islampos Journalist School Sukses Digelar di Jakarta

Media Islam Generasi Baru, meluncurkan program Islampos Journalist School (IJS), Sabtu (20/2/2016). Program ini dilaksanakan di Gedung Ibadurrahman, Tebet Jakarta Selatan selama dua hari.

Pelatihan yang diikuti oleh 23 peserta ini, bertajuk Melahirkan Kader Jurnalis di tengah Perang Opini. Pelatihan ini diisi oleh narsumber yang kompeten di bidangnya.

Hari pertama diisi oleh peneliti Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSIST) dan Ketua Harian Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Adnin Armas menjelaskan tentang Jurnalisme dalam Islamic Worldview.

Selain Adnin, pelatihan ini juga diisi oleh redaktur pelaksana Islampos dan wartawan senior Islampos. Keduanya menjelaskan bagaimana proses pembuatan berita. Mulai dari wawancara hingga mengolah menjadi berita utuh.

Saat acara berlangsung, peserta IJS tak hanya belajar teori. Mereka ditugaskan untuk membuat berita dengan mewawancarai narasumber berdasarkan tema yang sudah ditentukan oleh Panitia.

Hari kedua, Ahad (21/02/2016) peserta mempresentasikan hasil wawancaranya dalam bentuk berita. Mereka mendapat feedbackdari redaktur pelaksana dan wartawan senior Islampos.

Fajriyah, salah seorang peserta asal Jakarta, mengatakan, pelatihan ini membuatnya tertantang mempelajari ilmu jurnalistik lebih dalam.

“Jurnalis itu tidak sesuai dengan keinginan saya. Tapi, setelah saya mengikuti kegiatan ini, yang tadinya ‘bukan gue banget’ jadi tertantang mempelajari lebih dalam lagi. Pelatihan berbau Islami seperti ini sangat jarang dilakukan. Nah,  saya berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini,” ujar Fajriyah.

Sementara itu, seorang peserta asal Solo Muhammad Rosyid mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat.

“Kalau bisa pelatihan semacam ini diadakan juga di Solo,” ujarnya.

Setelah sukses diadakan di Jakarta. Islampos Journalist School rencananya segera diadakan di Bandung. [Dfr]

Sumber: islampos

No comments

Powered by Blogger.