Puncak Arus Balik Libur Panjang, Pelabuhan Bakauheni Padat


KALIANDA -Ribuan kendaraan pribadi, sepeda motor dan penumpang pejalan kaki membludak pada puncak arus balik liburan panjang di pelabuhan Bakauheni, Minggu (8/5/2016).

Sejak Minggu pagi, penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari pelabuhan Bakauheni menuju Merak, Banten terus memadati pelabuhan terpadat di Indonesia ini.
Berdasarkan data di kantor PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, jumlah penumpang kaki yang belum kembali hingga Sabtu lalu sebanyak 11. 279 orang, kendaraan roda dua sebanyak 5.559 unit, kendaraan roda empat 1.880 unit, bus 40 unit dan truk 41 unit.
Sementara penumpang yang datang dari pulau Jawa ke sumatera yang menyeberang di Pelabuhan Bakauheni-Merak sebanyak 34.355 orang, sepeda motor 10.663 unit, roda empat atau mobil pribadi 14.042 unit. Jumlah tersebut total dari 4 Mei sampai 7 Mei lalu.

General Manager (GM) PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni Eddy Hermawan didampingi Manager Operasional Heru Purwanto mengatakan, penumpang dan kendaraan yang belum kembali sampai Sabtu (7/5) lalu sebanyak 11.279 orang, sepeda motor 5.559 unit dan mobil pribadi sebanyak 1.880 unit.

"Penumpang diperkirakan mencapai puncak pada hari ini (Minggu"red). Sejak pagi sampai sore hari penumpang dan kendaraan terus memadati pelabuhan Bakauheni menuju Merak. Penumpang yang belum kembali akan habis sampai Minggu malam karena besok Senin sudah mulai beraktivitas seperti biasa," kata Eddy Hermawan di sela sela menyambut kedatangan Kapolda Lampung Brigjen Pol. Ike Edwin ke Pelabuhan Bakauheni.

Untuk melayani penumpang selama liburan panjang ini, PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni menyiapkan 42 armada kapal feri di lintasan Selat Sunda. Sedangkan jumlah kapal yang dioperasikan setiap hari 27-28 kapal. Sementara itu, pihak pelabuhan membuka 6 loket untuk penumpang menggunakan sepeda motor dan 7 loket untuk kendaraan roda empat.
"Untuk mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang selama liburan panjang ini, kami menyiapkan 8 kapal diperairan pelabuhan bakauheni. Kami juga menyiapkan kapal tug boat untuk antisipasi bila terjadi cuaca buruk yang menyebabkan kapal-kapal sulit sandar," katanya.

Eddy menambahkan, memprediksikan terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan selama liburan panjang ini sekitar 30 persen. “Kami prediksikan sekitar 30 persen peningkatan penumpang selama liburan panjang ini. Puncaknya arus balik liburan panjang ini Minggu sore sampai malam,” kata Eddy Hermawan disela-sela kunjungan Kapolda Lampung Brigjen Pol. Ike Edwin di pelabuhan Bakauheni, Minggu (8/5/2016).

Pantauan kami hingga Minggu sore, arus penumpang dan kendaraan terus memadati pelabuhan Bakauheni. Masing-masing loket penumpang jalan kaki yang dibuka dipenuhi calon penumpang. Demikian juga tolgate kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Bahkan antrian terjadi di pintu luar pelabuhan Bakauheni karena penerapan sistem terbaru yakni e-tiketing yang dikelola pihak ketiga. (KRI)

No comments

Powered by Blogger.