Sambut Hardiknas, Puluhan Mahasiswa Lakukan Kampanye Peduli Pendidikan

PULUHAN mahasiswa melakukan pawai memperingati Hari Pendidikan Nasional, Ahad (1/5/2016). Pawai dilakukan di sepanjang Car Free Day (CFD) Dago, kota Bandung.

Pawai bertajuk “Kampanye Hardiknas” ini dinisiasi oleh badan eksekutif mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (BEM Rema UPI), bersama mahasiwa Sekolah Tinggi Kesehatan dan Politeknik Negeri Bnadung.

Mahasiswa melakukan pawai dari Dago sampai SMA 1 Kota Bandung. Sepanjang jalan, mereka membagikan releas tentang wajah pendidikan Indonesia, serta membawa spanduk bertuliskan Peduli Pendidikan yang ditandatangani oleh peserta CFD. Kemudian melakukan aksi duduk dan story tellingkepada anak-anak peserta CFD di depan SMA 1 Bandung.

Dalam release-nya, BEM Rema UPI menyatakan bahwa pendidikan di Indonesia tengah mengalaimi empat permasalahan besar, yakni permasalahan mutu, pemerataan, motivasi, dan sumberdaya dan sumberdana.

“Dari 28.515 sekolah  kondisi sarana dan prasarana tidak memadai lebih dari 50%, guru masih banyak yang belum terkualifikasi dan bersertifikasi, sementara di sekolah perbadingan antara jumlah guru dan siswa masih belum sesuai,” demikian pernyataan Bem Rema UPI.

“Di sisi lain menurut Neraca Pendidikan 2015, nilai UN jenjang pendidikan rata-rata hanya 6,5. Sementara rata-rata lama sekolah anak Indonesia hanya tujuh tahun, dari yang seharusnya 12 tahun,” tambah pernyataan itu.

Warga CFD dengan antusias berpatisipasi dalam kampanye ini. Selain menandatangai spanduk, mereka juga memberikan sumbangan uang, yang nantinya akan disalurkan untuk kemajuan pendidikan.

Berkaitan dengan hari buruh, kampanye ini juga menyinggung guru honorer yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. [ds]

No comments

Powered by Blogger.