Nilai Rata-Rata SBMPTN 2016, Lampung Peringkat Tertinggi Se-Sumatera

Ilustrasi ujian SBMPTN |infosbmptn

Bandar Lampung – Hasil Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2016 telah diumumkan. Hasilnya sungguh mengagumkan untuk Provinsi Lampung. Dari dua bidang yang diujikan yakni Saisntek dan Soshum, Lampung menduduki peringkat tertinggi untuk wilayah Sumatera.

Bidang Sainstek, Lampung berada pada posisi tujuh dengan rata-rata nilai 565,39. Di atasnya ada DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sementara untuk bidang Soshum, Lampung berada pada peringkat lima dengan rata-rata nilai 566,51. Di atasnya ada DKI Jakarta (595,60), Daerah Istimewa Yogyakarta (588,81), Banten (572,00), dan Jawa Tengah (571,90).

Dilansir dari situs Kontan, Kami, 30/6/2016, Ketua Panitia SBMPTN Rochmat Wahab menyatakan bahwa hasil tersebut terbilang mengejutkan. Hasil seleksi ini menegaskan, nilai tinggi ujian nasional sekolah menengah atas tak menjamin hasil yang sama akan didapat di SBMPTN.

“Ini jarang terjadi,” tegas Rochmat Wahab, saat konferensi pers di Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta, Selasa, 28/6/2016 lalu.

Menurut Rochmat, rata-rata nilai peserta berdasarkan asal wilayah ini dapat menggambarkan kualitas pendidikan di daerah. Peningkatan nilai rata-rata tersebut tentu pertanda baik. Pendidikan di Indonesia mulai merambah ke daerah-daerah.(*)

No comments

Powered by Blogger.