Sambut Ramadan, PMI Bandar Lampung Gelar Donor Darah di Chandra Tanjungkarang


Petugas tengah memeriksa calon pendonor. UTD PMI Bandar Lampung mengajak warga mendonorkan darahnya di pelataran parkir Mal Chandra Tanjungkarang, Rabu, 8/6/2016.

Bandar Lampung – Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bandar Lampung menggelar donor darah bagi warga di pelataran parkir Mal Chandra Tanjungkarang. Ini adalah kali pertama tranfusi darah oleh pendonor digelar saat bulan puasa.

Menurut Kepala UTD PMI Bandar Lampung dr Aditya, M Biomed, stok darah secara nasional saat bulan puasa cenderung tidak ada. Sebab para pendonor, khususnya yang muslim kurang mau mendonorkan darahnya karena puasa. “Maka kami buat terobosan untuk menerima pendonoran darah di malam hari. Ini pun pertama kali kami lakukan, masih dipercobakan,” ujarnya. Rabu, 8/6/2016.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Dermawan Darah (Fokuswanda) Komisariat Lampung, digelar selama bulan Ramadan. Persisnya dari tanggal 7 hingga 28 Juni 2016, dari pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

Pendonor harus mengisi dahulu data diri dan kesehatan dengan didampingi petugas. Selanjutnya, pendonor akan menjalani pemeriksaan terkait kadar Hb dan tensi darah. Jika syarat-syarat terkait kesehatan calon pendonor terpenuhi, maka pendonor bisa diambil darahnya di dalam bus transfusi darah yang telah disediakan.

Di tenda petugas tampak backdrop bertuliskan Sedekah Darah di Bulan Penuh Berkah.

Aditya menambahkan, kebutuhan rata-rata darah untuk Bandar Lampung dan sekitarnya sekitar 110 hingga 120 kantong dalam sebulan. “Kemarin hari pertama sudah ada 27 kantong,” katanya.(*)

No comments

Powered by Blogger.