Lampung Targetkan 85 Persen Irigasi Dapat Diperbaiki

Bandarlampung - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan 85 persen saluran irigasi dapat diperbaiki sehingga dapat mengairi persawahan, pertanian maupun perkebunan di daerah itu.

"Ditargetkan tahun ini kurang lebih 85 persen saluran irigasi di seluruh wilayah Provinsi Lampung dapat diperbaiki serta bagi masyarakat yang masih membutuhkan pompa air dapat mengusulkan melalui kelompok tani untuk dipenuhi pada anggaran mendatang," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, di Bandarlampung, Rabu.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan mengingat hutan adalah sumber kehidupan, sumber air bersih, udara serta tempat kehidupan bagi flora maupun fauna.

Sehingga program untuk membangun bendungan dan perbaikan irigasi tidak sia-sia dikarenakan ketersediaan air pun cukup, sesuai kebutuhan pertanian.

"Untuk memenuhi kebutuhan air untuk lahan pertanian, Pemprov Lampung juga telah memebrikan ratusan pompa air kepada kelompok tani. Selain itu, tengah dibangun tiga bendungan yang berada di Lampung Tengah, Lampung Timur dan Tanggamus serta terus melakukan perbaikan saluran irigasi agara distribusi air ke petani dapat lebih optimal," ujarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi maysarakat Lampung yang saat ini percepatan pembangunannya terbaik nomor dua di Sumatera.

Di sisi lain, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait baik ditingkat provinsi hingga kabupaten/kota yang terus berkoordinasi dan bekerja sama dalam menyukseskan pembangunan berbagai sektor pangan di daerah ini.

"Saya berterima kasih kepada suluruh pihak baik pemerintah kabupaten dan kota, instansi terkait maupun swasta yang telah membantu dalam menyukseskan pembangunan sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan di Provinsi Lampung. Kita harus buktikan bahwa Lampung adalah kawasan strategis nasional, yang mampu memenuhi kebutuhan pangan nasional," tambahnya.(Ant)

No comments

Powered by Blogger.