Anies-Sandi Disarankan Menjadi Pemimpin yang Rekonsiliatif

Jabungonline.com - Pengamat politik dari Polmark Indonesia, Eep Saefullah Fatah meminta Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk menjadi pemimpin rekonsiliatif.

“Kalau bicara luka, dalam setiap kompetisi semua mengalami luka. Ini adalah dua pihak yang bertarung dengan resources masing-masing lalu berkompetisi secara sehat, dan pada akhirnya ada yang kalah dan menang, dan yang menang harus menjadi pemimpin rekonsiliatif,”katanya dalam program diskusi publik Indonesia Lawyers Club tvOne pada Selasa (25/4/2017).

Menurut Eep, cara untuk menjadi pemimpin rekonsiliatif tersebut adalah dengan cara memperbaiki cara berfikir.

“Pengandaian yang tak cocok saat ini bahwa mereka yang memilih pasangan tertentu seolah-olah pro pancasila, pro kebinakaan, dan toleran, dan mereka yang memilih pasangan lain seolah-olah anti pancasila, anti kebhinekaan dan intoleran, kedepan, jangan lagi ada yang berfikir bahwa kalau melawan pak Basuki berarti melawan pancasila, kalau memilih yang lain selain pak Basuki berati anti pancasila, cara berfikir seperti iti tidak rekonsiliatif,”jelasnya.

Dikatakan Eep, rekonsiliasi harus dilakukan secara tuntas, dia harus meniru pemikiran mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela."Gubernur Jakarta harus punya pemikiran baru seperti Nelson Mandela, yang tidak bawa dendam di kursi kekuasaan meski dipenjara puluhan tahun. Yang dibawa adalah cinta kasih sehingga membuat rekonsiliasi utuh," katanya.

Sehingga, dengan cara itu, Anies-Sandi harus memperlakukan semua orang sebagai faktor penting dalam membangun Jakarta. Mereka harus fokus untuk berjalan ke depan menjadikan Jakarta yang lebih baik.”Rekonsiliasi harus dilakukan secara tuntas," katanya.

Selain itu, Eep menyarankan Anies dan Sandi untuk membentuk forum gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Sehingga mantan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta berperan sebagai penasihat gubernur baru.

Forum gubernur diharapkan menjadi alat komunikasi berkelanjutan antara mantan gubernur dengan gubernur yang sedang menjabat. Anies dan Sandi juga diminta melibatkan semua elemen masyarakat berkontribusi dalam pembangunan Jakarta."Yang terpilih harus menciptakan keadilan, karena keadilan itulah jalan untuk merajut Jakarta. Semua orang harus berjalan ke depan," tutupnya.

No comments

Powered by Blogger.