LPPM UM Metro Duduki Posisi No.1 ditingkat Kopertis Wilayah 2

Jabungonline.com – Setelah beberapa minggu lalu UM Metro menduduki posisi web rangking no.2 tingkat kopertis wilayah II, urutan ke-2 tingkat Provinsi Lampung untuk kategori PTN dan PTS, dan urutan ke-6 PTMA berdasarkan penilaian world web rangkingWebometrics dan 4ICU.

Kini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UM Metro yang mendapat giliran berdiri di urutan pertama di tingkat Kopertis Wilayah II berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, Sabtu (19/8/17).

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menempatkan nama UM Metro di peringkat ke-61 untuk kategori Klaster Evaluasi Kinerja Abdimas (Pengabdian kepada masyarakat) Perguruan Tinggi Basis Data 2013-2015 ditingkat  Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia dalam Evaluasi Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi tahun 2016.

Dalam paparannya yang dilansir dari laman web resmi Kemenristekdikti yang diterbitkan pada Jum’at (18/8/17) kemaren, peringkat tersebut didasarkan pada empat aspek penilaian yakni Sumber Daya,   Manajemen, Luaran dan Revenue Generating (Penghasilan Pendapatan) dimana UM Metro memperoleh total skor sebesar 138.5 (seratus tiga puluh delapan koma lima) dengan klaster Kelompok Sangat Bagus.

Atas perolehan skor tersebut, UM Metro sekaligus menduduki urutan ke-23 terbaik untuk kategori Klaster Evaluasi Kinerja Abdimas Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia. Sedangkan untuk tingkat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah 2 (Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung), UM Metro berada diurutan pertama.

Sementara ditingkat Provinsi Lampung untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, UM Metro berada diurutan ke-3 setelah Universitas Lampung dan Politeknik Negeri Lampung.

Lebih lanjut atas penilaian Kemenristekdikti tersebut, UM Metro menempati urutan ke-5 untuk kategori Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia.

Atas tinjauan inilah, operator LPPM UM Metro Irfan Iqbal, S.E. langsung memposting beberapa untaian kata yang mengungkapkan rasa kegembiraannya atas usaha yang mereka (baca: LPPM UM Metro) tekuni selama ini dilaman facebook pribadinya, Jum’at (18/8/17).

Alhamdulillah LPPM Universitas Muhammadiyah Metro, meraih KINERJA Pengabdian Masyarakat oleh DRPM Kemristek DIKTI dengan peringkat / klaster Very Good (Sangat Bagus), dari 4 pemeringkatan (Unggul, Sangat Bagus, Memuaskan dan Kurang Memuaskan) serta terbaik ke 5 (Lima) dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiya se Indonesia.. Terima kasih atas support dan kinerja team LPPM dan Dosen serta Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Metro. Barakallahulana,” tulis Irfan Iqbal.

Hingga berita ini diterbitkan, postingan operator LPPM UM Metro telah disukai oleh netizen sebanyak 117 kali dengan dipenuhi komentar sebanyak 53 kali. Beragam komentar yang membanjiri postingan tersebut mulai dari yang mendo’akan, mengucapkan selamat hingga mengungkapkan rasa syukur atas prestasi tersebut.

“Alhamdulillah... Semua karena tim LPPM yang luar biasa, selalu ikhlas dan memiliki semangat yang tinggi. Mohon maaf ya kak, untuk sementara tidak berperan banyak,” komen salah seorang dosen Teknik Sipil UM Metro yang saat ini sedang menempuh program Doktor, Eva Rolia, S.T., M.T.

“Kerja keras..kerja cerdas...dan kerja ikhlas....mantabs luar biasa.. cuit salah seorang dosen Pendidikan Biologi UM Metro, Agil Lepiyanto, M.Pd.

“Amiiin..selamat buat LPPM UM Metro tidak ada perjuangan yg sia2....sukses selalu,” tulis ketua Posdaya Masjid Nurul Iman binaan LPPM UM Metro, Siti Nurjannah, S.Ag.

Pencapaian prestasi UM Metro ini tidak terlepas dari usaha afiliasi semua pihak di lingkungan UM Metro dimana dosennya yang terus berkarya yang kemudian dikoordinir oleh LPPM UM Metro. Semoga prestasi LPPM UM Metro ini akan semakin meningkat kedepannya sehingga mampu memotivasi seluruh dosen UM Metro baik yang muda maupun yang senior agar semakin gencar dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kedepannya. (Al-Bayurie│Hum)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close