Anda Suka Foto ?, Ikuti Lomba Berhadiah Jutaan Rupiah tentang Perkeretaapian di Lampung

Ilustrasi. | Ist

Jabungonline.com – Memeriahkan HUT ke-72, PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang menggelar lomba fotografi dengan tema “Kereta Api di Lampung”. Kali ini, perusahaan plat merah ini menggandeng organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung.

Kepala Humas Divisi Regional IV Tanjungkarang Franoto Wibowo menjelaskan, dalam memeriahkan hari jadi KAI pihaknya menggelar lomba fotografi. Ia mengatakan, dengan digelarnya lomba foto dengan tema Kereta Api di Lampung diharapkan dapat lebih memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai transportasi kereta api kepada masyarakat Lampung.

Franoto melanjutkan, dengan memanfaatkan lomba foto diharapakan dapat lebih menjangkau generasi muda dan warganet melalui visual.

“Kita kenalkan keindahan jalur kereta api yang melintasi Lampung melalui foto,” katanya.

Ia mengatakan, kereta api sudah lama menjadi bagian dari sejarah Indonesia. Bahkan, bisa dibilang kereta api merupakan transportasi masal yang tertua di Indonesia.

Ia mengatakan, banyak manfaat yang didapat. Franoto Wibowo mengatakan, jalur kereta api di Lampung sudah ajak sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda yang menghubungkan provinsi ujung Sumatera ini ke Sumatera Selatan.

Selain untuk mengangkut penumpang, kereta api juga digunakan untuk mengangkut hasil industri seperti batu bara, semen, minyak bumi, dan  kertas.

Kata dia, pihaknya sudah mempersiapkan total hadiah jutaan rupiah untuk para pemenang.

Pengumuman bakal dilaksanakan pada 27 September 2017 mendatang dalam rangkaian HUT PT KAI.

Terpisah, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung menjelaskan, lomba tersebut dilaksanakan hanya di media sosial Instagram. Hal itu disampaikan Rizky Panchanov, Ketua Pelaksana Lomba Foto Kereta Api di Lampung dari PFI Lampung.

Anca, sapaan akrabnya, mengatakan, lomba tersebut berakhir hingga Selasa, 26/9/2017. Ada Empat kategori pemenang dengan total jutaan rupiah.

“Untuk juara I akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp3 juta, juara II uang tunai Rp2,5 juta, dan untuk juara III akan mendapatkan hadiah Rp2 juta,” tuturnya.

Tak hanya itu, ada juga hadiah untuk pemenang yang keluar sebagai pemenang tervaforit dengan hadiah Rp1,5 juta. Penilaian foto akan dinilai oleh kepala PT KAI Divre IV Tanjungkarang dan dua anggota Dewan Penasihat PFI Lampung, yakni Alam Islam dan Zainuddin.

Teknisnya, kata Anca, peserta boleh mengirimkan foto sebanyak-banyaknya, namun waktu pengambilan foto yang diikutsertakan periode 2016 hingga tahun 2017 dengan segala jenis kamera.

Lomba ini digelar secara gratis. Peserta cukup mengunggah karyanya ke Instagram. Peserta juga diwajibkan mengikuti akun Instagram PFI Lampung @pfilampung.

“Foto yang diikutsertakan disertai caption, identitas pengirim dan hastag #keretaapidilampung dan hastag #pfilampung,” kata Anca.

Contohnya, seperti Judul Foto_Nama_No.Hp, serta disertakan caption/keterangan foto.

Selain memposting di Instagram, peserta juga diwajibkan mengirim file foto asli ke email dengan alamat email keretaapidilampung@gmail.com dengan sisi foto terpanjang 3.000 piksel, resolusi 300 dpi.

“Lokasi dan foto yang diambil merupakan kegiatan perkeretaapian di Lampung,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi kontak person Ikhsan Dwi Nur Satrio yang menjadi Kepala Divisi informasi dalam kegiatan lomba foto kereta api di Lampung 085231000031.(rls)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close