Perpusda Metro Adakan Hari Kunjung Perpustakaan - Jabung Online

Post Top Ad

Foto: Sebatin.com

Jabungonline.com – Metro (25/09), Dinas Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Daerah Kota Metro atau sering disebut Pusda Metro akan menggelar Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 26 dan 27 September 2017. Acara yang akan dihelat Selasa esok merupakan acara puncak, setelah sebelumnya mengadakan beberapa rangkaian perlombaan. Perlombaan tersebut berupa lomba cerpen tingkat SD, dan lomba cerpen khusus siswa, mahasiswa, dan umum.

Acara Hari Kunjung Perpustakaan rencananya akan dihadiri H. Ahmad Pairin S.Sos selaku Wali Kota Metro. Selain Wali Kota, juga akan dihadiri sejumlah jajaran penting seperti wakil Wali Kota, ketua DPRD Metro, Dandim 0411 Lampung Tengah,  Kapolres Metro, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, dan lain sebagainya.
Foto: Betty P.

Akan ada berbagai macam kegiatan di Hari Kunjung Perpustakaan ini, seperti bedah buku penulis asal Lampung yang pada kesempatan ini Fadila Hanum mendapatkan penghargaan buku anak non fiksi terbaik pada acara Islamic Book Award IKAPI 2016 dan tahun ini bukunya terbang ke Frankfurt-German, dalam acara pameran buku internasional. Hadir pula penulis cilik asal Metro, Muhammad Anugrah Utama, masih duduk di bangku SMP tapi sudah menerbitkan buku berjudul Obaladi Maria Diabla, Suwanda, ketua FLP Lampung yang mendedikasikan dirinya di dunia literasi dan karyanya yang menghiasi koran.

Tak hanya bedah buku, berbagai perlombaan, mulai dari lomba bercerita SD, lomba pidato bahasa Inggris, cipta dan baca puisi,  gelar pentas seni, bazar buku, nonton bareng film dokumenter buatan warga Karangrejo berjudul “Djajah”, lomba selfie di area Hari Kunjung, juga ada Lorong Baca 100 meter.
Foto: Betty P.

“Lorong Baca 100 meter sesungguhnya sebagai wujud komitmen kita bersama-sama kembali menggelorakan minat dan budaya baca di Kota Metro.” ujar Kadis Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Daerah Kota Metro, Syachri Ramadhan, S. Sos, MM.  

Acara ini sangat baik sekali dilakukan mengingat Kota Metro sebagai kota pendidikan, dan ternyata banyak sekali potensi-potensi anak muda Metro dan Lampung yang belum diketahui masyarakat khususnya dalam hal seni dan sastra. 


Laporan: Betty Permana
test banner

No comments:

Post Bottom Ad