Ribuan Masyarakat Lampung Gelar Aksi Solidaritas untuk Rohingya

Aksi solidaritas di Tugu Adipura, Jumat, 8/9/2017

Jabungonline.com – Ribuan masyarakat Lampung yang tergabung dalam Gerakan Nasional Penyelamat Muslim Rohingya (GNPMR) menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya, di Tugu Adipura, Enggal, Bandar Lampung, Jumat, 8/9/2017. Selain itu, massa juga menyatakan tujuh sikap untuk pembebasan warga Muslim Rohingya dari krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

Koordinator aksi Cucu Mulyono, mengatakan, ratusan Muslim Rohingya telah menjadi korban kekejaman militer Myanmar dan ribuan orang terusir dari tanah kelahirannya serta banyak meninggal dunia.

“Mereka berpindah dengan penuh keterpaksaan ke berbagai negara. Berenang melewati sungai dan laut untuk Melintasi batas negara dibawah ketakutan dan ancaman kematian,” ujarnya kepada Jejamo.com, di Tugu Adipura, 8/9/2017.

Lanjut Cucu, masyarakat Lampung menyuarakan keprihatinannya yang telah terjadi di Rohingya. Aksi ini bukanlah masalah agama ataupun politik, melainkan persoalan kemanusiaan

“Dalam aksi ini kami ingin mendorong pemerintah Indonesia untuk mendesak pemerintah Myanmar agar bersikap adil dan manusiawi kepada warga muslim Rohingya dengan mengakuinya sebagai bagian dari negara Myanmar. Kami menyerukan seluruh masyarakat dunia untuk memboikot semua produk Myanmar,” paparnya.

Dia menuturkan, massa juga mendesak mahkamah internasional untuk mengadili pihak-pihak yang bertanggungjawab atas peristiwa pembantaian masal tersebut dan mendesak ASEAN dan PBB untuk mengutuk dan mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan ASEAN dan keanggotaan PBB.

“Kami mendesak dewan keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi embargo dan mengirim pasukan perdamaian PBB di wilayah Rohingya, dan kami juga mendesak Organisasi konferensi Islam untuk membantu mengakhiri penderitaan etnis, serta mendesak pemerintah Indonesia berperan aktif untuk menekan Myanmar membuka akses bantuan kemanusiaan,” tandasnya.(*)

Sumber: Jejamo

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close