Lieus: Setelah Dilantik, Jangan Lupakan Masalah Sampah - Jabung Online

Post Top Ad

Lieus: Setelah Dilantik, Jangan Lupakan Masalah Sampah

Share This

Jabungonline.com – Tokoh masyarakat Tionghoa yang juga Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak), Lieus Sungkharisma meminta setelah dilantik besok (Senin,16/10), Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan – Sandiaga Uno tidak melupakan masalah sampah yang sudah bertahun-tahun menjadi momok di ibukota.

“Setelah dilantik, Anies-Sandi harus mencari cara terbaik dan komprehensif untuk mengatasi sampah di ibukota ini,” kata Lieus kepada redaksi.

Menurut Lieus, permintaannya ini bukan tanpa alasan. Selama ini, kata dia, tak banyak gubernur Jakarta yang memiliki program komprehensif dalam mengatasi masalah sampah di Ibukota.

“Setiap tahun solusi mengatasi sampah ibukota yang jumlahnya mencapai 6 ribu ton persen hari itu selalu saja TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Tak ada solusi yang lebih dari itu,” katanya.

Padahal, tambah Lieus, sebagai kota metropolitan sudah saatnya Jakarta memiliki teknologi tepat guna yang bisa mengolah sampah menjadi energi atau yang lainnya.
“Jakarta bisa meniru teknologi yang digunakan kota-kota besar lainnya di dunia soal penanganan sampah ini,” tambahnya.

Selama ini Pemprov DKI selalu membuang sampah warga Jakarta ke sejumlah TPA seperti di Bantar Gebang, Bekasi, di Bogor maupun di Cilincing, Jakarta Utara. Selama proses pembuangan sampah ke TPA itu berlangsung, sudah beberapa kali terjadi insiden penolakan oleh warga di daerah-daerah tersebut. 

test banner

No comments:

Post Bottom Ad