Warga Dukung Pengembangan Bendungan Sebagai Tempat Wisata

Jabungonline.com - Warga Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur mendukung pengembangan bendungan di desa setempat menjadi tempat wisata.

"Kami ikut senang jika dikembangkan jadi tempat wisata," kata Surahman, warga desa setempat, di Pekalongan, Lampung Timur, Senin.

Tanggapan warga itu menyusul digelarnya kegiatan pembersihan kawasan dam di Desa Gondang Rejo dari sampah oleh Pemkab Lampung Timur dan jajaran Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis), serta dibantu oleh ratusan warga sekitar pada Minggu (29/10).

Surahman menyatakan mendukung rencana baik itu, namun perlu perbaikan infrastruktur jalan menuju dam swadaya terasebut.

"Jalan masuk ke areal bendungan tolong diperbaiki dulu, sehingga akan mempermudah warga mengunjungi tempat tersebut," katanya lagi.

Kepala Dusun I Desa Gondang Rejo, Danu Prayugo mengatakan bendungan atau dam swadaya di desanya lebih dikenal sebagai Taman Rekreasi Langen Tirto.

Menurutnya, Dam Swadaya di desanya sudah banyak dikunjungi warga karena keindahaan alamnya namun jumlahnya belum banyak.

Wacana pengembangan dam swadaya sebagai tempat wisata juga telah lama digaungkan warga di desanya namun faktor keamanan dan minim dukungan pemerintah daerah sehingga rencana itu urung terlaksana.

Ia menyebutkan banyak aktivitas bisa dilakukan bersama keluarga di kawasan Dam Langen Tirto seperti memancing, berkemah dan berolahraga dan berekreasi.

Dam swadaya selama ini berfungsi sebagai sarana irigasi sawah warga dan alur sungainya dimanfaatkan warga sebagai tempat penangkaran ikan air tawar seperti ikan mas dan ikan gurami.

Saat air pasang di musim hujan banyak ikan warga yang lepas ke DAM sehingga DAM Swadaya menjadi tempat incaran warga untuk memancing.

"Potensi wisata memancing di sini bagus jadi wisata memancing juga jadi andalan wisata ini," kata dia lagi.

Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) Kecamatan Pekalongan pun menyambut baik pengembangan Dam swadaya tersebut sebagai tempat wisata.

Ketua Pokdarwis Kecamatan Pekalongan, Katemin Yovi mengungkapkan potensi yang paling mendukung Dam swadaya itu adalah kondisi alamnya yang alami.

"Fokus alamnya yang asri dan alami sangat cocok untuk wisata alam seperti wisata petualangan, flying fox, spot selfy dan wahana hiburan air, " kata Yovi.

Bahkan kata Yovi, Dam Langen Tirto jika dimusim hujan berpotensi untuk wisata arung jeram karena intensitas air yang besar dan deras.

Menurut penggiat pariwisata ini hanya butuh sedikit sentuhan kreativitas menjadikan dammenjadi tempat wisata yang menarik.

"Selain itu, penambahan sarana prasarana hiburan buat pengunjung seperti gajebo, sarana bermain anak, fasilitas WC umum, dan mushola," ujar Yovi lagi.(Ant)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close