Hujan dan Angin Kencang akan Landa Lampung di Akhir Tahun

Hujan (ilustrasi)

Jabungonline.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, kondisi cuaca pada akhir tahun mulai Jumat (29/12) hingga akhir tahun wilayah Provinsi Lampung diprediksi akan terjadi hujan, petir, dan angin kencang. Warga dan pengunjung tempat-tempat wisata terutama di pantai atau laut diimbau untuk tetap mewaspadai kondisi cuaca tersebut.

Hujan lebat disertai angin kencang sudah terjadi pada Jumat (29/12) pagi hingga siang. Sejumlah kawasan di Kota Bandar Lampung terendam banjir, namun setelah hujan berhenti banjir pun menyurut. Meskipun hujan lebat, warga yang berlibur di Kota Bandar Lampung, tak surut untuk pergi ke tempat-tempat wisata pantai yang ada di sepanjang pesisir Teluk Lampung.

BMKG Maritim Lampung telah mengeluarkan peringatan kepada warga terkait dengan kondisi cuaca yang terjadi pada periode 29 hingga 30 Desember 2017. Prakiraan cuaca BMKG Maritim Lampung menyebutkan pada masa tersebut akan terjadi hujan ringan dan lebat disertai petir. "Warga dan pengunjung wisata agar waspadai kondisi cuaca tersebut hingga akhir tahun," ujarnya. 

Kepala BMKG Maritim Lampung Sugiyono menyebutkan terdapat 10 wilayah atau daerah yang mendapat perhatian serius sehingga perlu diwaspadai. Kawasan tersebut diperkirakan akan terjadi hujan lebat disertai petir. "Waspada hujan lebat, petir, dan angin kencang sampai akhir tahun," katanya.

Menurut dia, potensi hujan lebat dan ringan, petir, dan angin kencang akan terjadi pagi, siang, dan malam hari. Hampir seluruh daerah di Lampung berpotensi hujan, petir dan angin kencang, terutama di wilayah pesisir Lampung.

BMKG mencatat, secara umum angin bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan antara 3 hingga 15 knot (5 hingga 29 km per jam), jarak pandang berkisar antara 3 hingga 10 km, suhu udara secara umum berkisar antara 23 derajat celsius hingga 32 derajat celsius. Kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17 derajat Celsius hingga 29 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 65 persen 97 persen, kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 70 persen 98 persen. Secara umum wilayah Lampung diprakirakan sebagai pagi hari berawan, dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Way Kanan, Lampura, Lamteng, Pesawaran, Lamtim, Lamsel, Balam, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat dan Lambar.

Siang hari diprakirakan hujan ringan hingga lebat di Kabupaten Lambar, Pesibar, Way kanan, Tubabar, Tuba, Mesuji, Lampura, Lamteng, Metro, Lamtim, Pesawaran, Balam, Lamsel. Malam hari diprakirakan hujan ringan hingga lebat di Kabupaten Lamteng, Pringsewu, Tanggamus, Pesibar, Lambar. Dini hari diprakirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Way Kanan, Lampura, Pesawaran, Lamteng, Lamsel, Bandar Lampung dan Lamtim.

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.