Foto dan Video Hoax Langsung Bertebaran Usai Gempa Banten

Foto hoax gempa Banten | ist

Jabungonline.com – Gempa berkekuatan 6,1 Skala Ritcher terjadi di Lebak, Banten. Pusat gempa berada di 81 km Barat Daya Lebak, Banten. Gempa ini terasa hingga Jakarta.

Setelah gempa usai, langsung beredar foto-foto hoax soal gempa itu. Satu di antaranya adalah foto jalanan yang terbelah dan diberi penjelasan seolah-olah terjadi di Lebak, Banten.

Namun foto tersebut ternyata merupakan foto jalan rusak di Wonosari, Gunung Kidul.

Foto Hoax | ist

Lalu ada video yang saat truk terombang-ambing di atas kapal feri. Disebut video itu merupakan suasana di Selat Sunda saat gempa terjadi. Namun video tersebut ternyata video lama di Youtube tentang kapal ferry yang dihantam ombak besar di pelabuhan Gilimanuk.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, berdasarkan data hasil dari penyisiran relawan, 46 rumah rusak yang tersebar di enam kecamatan.

“Sementara 46 rumah rusak dari 6 kecamatan, Bayah, Wanasalam, Cilograng, Panggarangan, Sobang, Lebakgedong. Hingga kini Para relawan masih melakukan penyisiran,” kata Kaprawi yang dihubungi wartawan, Selasa, 23/1/2018.

Kaprawi belum dapat memastikan titik kerusakan terparah, karena pihaknya dan para relawan bencana masih melakukan penyisiran. “Belum bisa menyampaikan secara riil yang terparah. Masih dalam pendataan,” ujarnya.(Merdeka.com)

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.