Anggaran Mudik Gratis 2018 Capai Rp60 Miliar

LAMPUNG POST | Anggaran Mudik Gratis 2018 Capai Rp60 Miliar

Jabungonline.com - Hadapi angkutan mudik gratis Lebaran 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menganggarkan Rp60 miliar untuk tiga moda angkutan yakni darat, laut, dan kereta api. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan rincian anggaran tersebut terdiri dari Rp35 miliar untuk transportasi darat, Rp25 miliar untuk transportasi kereta api, dan Rp10 triliun untuk transportasi laut.

"Rp35 miliar untuk darat, kereta api Rp20 miliar, dan laut Rp10 miliar," kata Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (13/4/2018). 

Ia melanjutkan, sampai saat ini penyerapan anggaran tersebut sudah lumayan besar. Moda transportasi darat sudah menyerap sekitar 50 persen, moda transportasi laut sudah menyerap sekitar 30 sampai 40 persen, dan moda kereta api sudah mencapai 100 persen. Penyerapan anggaran kereta api lebih cepat karena pemerintah terus mendorong pemudik menggunakan moda transportasi massal. 

Pemudik yang biasa menggunakan motor, dianjurkan untuk mengirimkan motornya terlebih dahulu melalui kereta api. "KA hampir 100 persen karena itu motor, darat itu lebih dari 50 persen, laut 30-40 persen," sebut dia. Budi melanjutkan, Kemenhub juga telah membuka posko pendaftaran untuk mudik gratis untuk berbagai moda transportasi. "Kita juga buka (posko mudik gratis) di beberapa tempat dan buka juga di bawah," ujar dia.

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.