Junaidi Auly: Peran OJK Harus Ditingkatkan dalam Perkembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah


Keuangan syariah, ilustrasi


Jabungonline.com - Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Junaidi Auly mengatakan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus berperan lebih aktif dalam mendukung perkembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS).

"Peran OJK sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan/kendala khususnya dalam hal memperkuat pendanaan maupun skema penyaluran pembiayaan di LKMS tersebut.” ungkap Junaidi dalam agenda Sosialisasi dengan OJK tentang Peran OJK dalam perkembangan LKMS. Kalirejo, Lampung Tengah (8/5/2018)

Junaidi melanjutkan, beberapa kendala LKMS yang perlu ketahui yaitu kualitas dan kapasitas SDM pengelola yang masih rendah terkait pengembangan ekonomi syariah, modal terbatas, akses permodalan yang sulit, juga belum memiliki rencana bisnis yang matang. OJK harus benar benar memperhatikan kendala ini, didorong agar semakin membaik." Ujar Anggota DPR dari dapil Lampung II ini.

Data Kementerian KUKM pada 2014, jumlah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) nasional mencapai 3.360 unit yang terdiri atas 1.197 Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dan 2.163 Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS), jumlah tersebut mencapai 3,05% dari jumlah koperasi nasional sebanyak 110.189 unit yang tersebar dengan total aset sebesar 5,43 Triliun atau 6,36% dari total aset koperasi nasional mencapai 86,81 Triliun.

"Data tersebut menunjukkan bahwa LKMS harus terus ditingkatkan perkembangannya karena jumlah dan volume usaha ini masih tergolong kecil dibandingkan dengan konvensional" Ujar Anggota Legislatif asal Lampung yang biasa disapa bang Jun ini."

Bang Jun menegaskan, pengembangan LKMS fokus pada penguatan posisi agar mendapat perhatian dari pemerintah pusat selanjutnya dengan optimalisasi skema penyaluran dana dan perluasan sumber pendanaan juga harus mendorong munculnya kesepakatan pemberdayaan LKMS agar mampu meningkatkan kontribusinya dalam perekonomian daerah dan nasional." Tutup Junaidi yang juga Alumni Universitas Lampung ini. (Hadi)

No comments

Powered by Blogger.