Sempat Tertunda, AJI Bandar Lampung Gelar UKJ


AJI Bandarlampung menggelar UKJ. Foto Andi

Jabungonline.com - Setelah beberapa kali diundur, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung, akhirnya dapat menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ), yang digelar di hotel Andalas, Bandarlampung, Sabtu-Minggu, 28 hingga 29 Juli 2018.

UKJ diikuti sebanyak 13 anggota AJI Bandarlampung dari berbagai media cetak dan elektronik, yang mengikuti kegiatan tersebut. Dalam UKJ AJI Bandar Lampung, melibatkan tim penguji yang terdiri dari tiga jurnalis senior dari Badan Penguji AJI Indonesia, yaitu Wily Pramudya, Budi Santoso Budiman dan Oyos Saroso HN.

Ketua AJI Bandarlampung, Padli Ramdan mengatakan, bahwa AJI Bandarlampung sudah duakali menggelar kegiatan UKJ untuk anggota AJI yaitu pertamakali dilaksanakan pada 2014 silam.

“Dan ini merupakan UKJ yang kedua kalinya, walaupun sempat diundur-undur akhirnya AJI Bandarlampung dapat melaksanakan UKJ,” ujar Padli dalam sambutannya, Sabtu (28/7).

Menurut Padli, saat ini, dari 45 anggota AJI Bandarlampung, sebanyak 60 persen sudah mengikuti UKJ.”Selebihnya, anggota yang belum mengikuti UKJ rata-rata adalah anggota dari kalangan jurnalisme warga,” paparnya.

Padli pun berharap, dalam kegiatan UKJ yang diselenggarakan dua hari ini berjalan lancar dan para jurnalis yang mengikuti bisa lulus sesuai standar kompetensi yang ditetapkan AJI.

“Semoga semua peserta yang mengikuti UKJ kali ini bisa dinyatakan lulus dan menjadi jurnalis – jurnalis kompeten,” ucapnya.

Sementara itu, Budi Santoso Budiman, mewakili Badan Penguji AJI Indonesia mengatakan, selain di Lampung, UKJ juga akan diadakan secara maraton disejumlah AJI daerah di Sumatera, seperti AJI Palembang, Medan, Batam.
Budi menyebut, UKJ bagian dari kesepakatan seluruh konstituen pers di Indonesia.

“UKJ bertujuan, mendorong seluruh jurnalis memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar profesi yang telah disepakati bersama,” (Andi/ang/rlo)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close