Toyota Jawab Keanehan Terbakarnya Mobil Neno Warisman



Jabungonline.com – Pemberitaan sejak kemarin diramaikan dengan kasus terbakarnya mobil Avanza milik Neno Warisman, aktivis #2019gantipresiden, di rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kabar yang beredar, mobil itu terbakar karena ulang orang lain. Lantaran mobil dalam keadaan diam tak bergerak dan mesin mati. Polisi pun lalu meluruskan kabar yang santer berembus itu. Aparat berwenang menegaskan Avanza milik Neno Warisman terbakar akibat korsleting masalah aki.

Lantas bagaimana bisa terjadi? Toyota Astra Motor selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia pun angkat bicara soal kasus ini. Menurut Didi Ahadi, Diler Technical Supprt PT TAM, memang agak mengejutkan kondisi tersebut.

Sebab dalam kondisi diam tak mungkin mobil terbakar secara tiba-tiba, kecuali ada salah satu aksesori yang terus menyala meski mesin mobil mati.

“Dalam kondisi normal, tidak bisa terbakar (mobil mati). Oleh karena itu, banyak faktor yang perlu diinvestigasi kenapa bisa terbakar. Contoh, misal ada pemasangan aksesori. Kita tidak tahu pemasangan kabelnya apa di jumper atau bagaimana,” ujar Didi kepada VIVA, Senin 23 Juli 2018.

Selain itu, keterangan yang disampaikan polisi seperti karena aki mobil tersebut korslet dan kabel aki positif juga menempel di bodi, kata Didi, juga tak bisa dibenarkan begitu saja. Karena dari pengalaman mobil yang masuk ke bengkel Toyota, tak pernah terjadi korsleting dari aki, apalagi pemicunya karena kabel positif menempel di bodi meski kondisi kabel terbuka sekali pun.

“Iya (enggak mungkin aki rusak jadi terbakar). Secara normal enggak bisa korslet, enggak ada pemicunya (kabel positif nempel di bodi). Kalau bocor hanya air akinya yang menyebabkan karat di beberapa komponen mobil,” ujarnya.

Secara teknis, Didi mengatakan kabel dari aki itu masuk ke relay dan fuse box sebagai pengaman dan disebarkan ke bagian-bagian kelistrikan mobil. Oleh karena itu penting juga memasang fuse atau sekring sesuai yang diperuntukan.

Intinya, kata dia, perlu ada proses investigasi dan pendalaman secara detail, baru dibuat kesimpulan.[viva]

No comments

Powered by Blogger.