Mahasiswa KKN Kebangsaan Kembangkan Potensi Desa



Jabungonline.com - Mahasiswa KKN Kebangsaan kembangkan potensi desa dalam sektor agrowisata di Desa Adiluhur Kecamatan Jabung. 23/08/2018.

Program tersebut terbentuk setelah tim KKN Kebangsaan didampingi Sutris yang menjabat Kepala Dusun VII, meninjau kebun jeruk milik salah satu warga yang berbuah lebat.

"Hal inilah yang  yang membuat kami  merencanakan program roll model untuk desa agrowisata dengan buah alpukat." Ujar Bayu mahasiswa asal Polinela ini.

Didukung oleh kepala desa Adiluhur dan perangkatnya maka pada Minggu 5 Agustus 2018 penanaman serentak pohon alpukat di dusun VII dilakukan. 

"Setiap rumah warga kami beri 2 bibit pohon alpukat yang harus ditanam didepan rumah." tutur Bayu. 

Untuk pembibitan lanjut Bayu, berasal dari Persemaian Permanen Lampung Selatan dengan total 1200 bibit pohon buah. Terdiri dari 100 pohon pinang, 500 pohon alpukat, 300 pohon jambu jamaika dan 300 pohon nangka. Sisa dari bibit yang belum ditanam akan dibagikan kepada warga dan dusun VI untuk dikembangkan.

Kepala desa Adiluhur Agus Pujianto menyampaikan Harapannya kepada Mahasiswa KKN atas program agrowisata tersebut.

"Dengan sektor wisata edukasi berupa agrowisata yang rindang dan sejuk. Nantinya dusun VII akan jadi dusun percontohan agrowisata untuk dusun lainnya. Saya dan perangkat desa mendukung secara penuh program ini dan semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat” tegas Agus Pujianto.

Untuk diketahui Mahasiwa yang melakukan KKN Kebangsaan ini berasal dari berbagai kampus di pelosok Indonesia dan program studi yang berbeda. Diantaranya ada Bayu Rizkiantono dari Polinela (Lampung), Purwoko Ajie dari Institut Seni Indonesia Surakarta (Jawa Tengah), Muhammad Mujir Afany dari UIN Ar-Raniry (Banda Aceh), Helda Yanti dari Universitas Borneo Tarakan (Kalimantan Utara), Liza Fitriani dari Universitas Lampung (Lampung), Widya Miranthi dari Univesitas Bangka Belitung (Bangka Belitung), dan Anzila Nur Auliya dari IAIN Tulung Agung (Jawa Timur). (Wahyu/JO)

No comments

Powered by Blogger.