Pikirkan Ekonomi Rakyat Kecil, Sultan HB X Masih Ragu Putuskan Tol Jogja-Solo

Jabung Online –  Rencana pembangunan ruas jalan tol Jogja-Solo belum menunjukkan tanda-tanda kemajuan. Trase tol tersebut belum diputuskan.


“Kami belum menentukan, saya belum sepakat karena risikonya terlalu besar,” ujar Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bantul, dikutip Minggu (16/6/2019).

Dia mengaku masih memikirkan dampak jalan tol Jogja-Solo bagi ekonomi warga DIY. Dia merujuk pada dampak ruas tol Trans Jawa yang sudah terbangun bagi usaha warga di sekitar Pantura Jawa.

“Saya tidak mau kalau rakyat saya ekonominya turun. Yang untung kan yang punya tol. Sekarang warga sekitar ekonominya hidup atau mati?” kata Sultan.

Dalam skema tol Trans Jawa, ada tiga ruas yang bakal melintasi DIY. Selain Jogja-Solo, ada Jogja-Bawen dan Jogja-Cilacap. Sultan sudah menyetujui ruas tol Jogja-Bawen meski sempat menolaknya.

Sultan menyetujuinya dengan syarat trase tol Jogja-Bawen tidak memakan banyak lahan. Akhirnya diputuskan Jogja-Bawen melintasi Selokan Mataram di Ring Road Barat hingga Magelang, Jawa Tengah.

Sultan juga awalnya menolak mentah-mentah tol Jogja Solo karena khawatir akan menerabas dan merusak situs penting di kawasan Prambanan. Pemerintah pusat belakangan menawarkan tol dibangun layang (elevated).

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close