Tiap Hari 90an Orang Batalkan Tiket Kereta Mudik - Jabung Online

Post Top Ad

Tiap Hari 90an Orang Batalkan Tiket Kereta Mudik

Share This

Suasana di Stasiun Pasar Senen. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Jabung Online -- PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mencatat pembatalan tiket yang sudah terpesan bisa mencapai 90 per hari untuk pemberangkatan di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. 

"Untuk pembatalan, per-hari bisa 60 hingga 90 tiket," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/6).

Eva mengatakan pembatalan tiket disebabkan berbagai alasan, dengan alasan mayoritas adalah perubahan jadwal berangkat. 

"Pembatalan tiket hak mereka, tapi rata-rata mereka yang membatalkan tiket karena mengganti jadwal keberangkatan," ungkapnya.

Pembatalan tiket ini tidak membuat KAI merugi karena hingga saat ini sudah menjual hingga 957 ribu tiket pada periode mudik, terdorong oleh masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman.

Apalagi, tiket yang dibatalkan pun akhirnya tidak sia-sia karena bisa digunakan oleh pemudik lagi. Eva menjelaskan tiket yang dibatalkan konsumen bakal muncul pada website resmi KAI dan siap untuk dijual.

"Biasanya musim lebaran tiket yang dibatalkan, pasti habis lagi," kata Eva. "Jadi pas tiket dibatalkan, bisa langsung rilis (lagi) karena sistemnya online. Jadi mana tempat duduk yang tersedia langsung ketahuan," kata Eva.

Meski pembatalan tiket terbilang lumrah, ia melanjutkan konsumen harus bersabar dalam proses pengembalian uang karena baru kembali ke tangan konsumen dalam 30 hari masa kerja.

"KAI mengembalikan uang tiket itu hanya 75 persen, tapi harus nunggu," kata Eva.

Pada Senin (3/6), jumlah penumpang kereta api tercatat mencapai 26.694 orang di Stasiun Pasar Senen, sementara di Stasiun Gambir 21.901 orang.

Sedangkan jumlah akumulatif (26 Mei hingga 3 Juni) pengguna kereta untuk mudik lebaran di Pasar Senen sudah mencapai 221.948 orang. Sementara di Stasiun Gambir untuk periode yang sama jumlahnya 177.192 orang. (ryh/vws)

Sumber: http://flip.it/y_.1hu

test banner

No comments:

Post Bottom Ad