Balita Susah Berjalan? Kepret Pakai Daun Gandarusa - Jabung Online

Post Top Ad

Balita Susah Berjalan? Kepret Pakai Daun Gandarusa

Share This



Jabung Online - Masyarakat Gorontalo percaya tanaman Gandarusa punya banyak khasiat. Tanaman bernama latin Justicia Gendarussa Burm.fatau dalam bahasa Gorontalo dikenal dengan Bonggohu'u bisa mengobati berbagai penyakit, antara lain ganguan prostat, reumatik, hingga HIV-AIDS.

Tak hanya itu, orang Gorontalo juga percaya daun Gandarusa bisa membuat bayi yang sedang belajar berjalan langsung bisa berjalan. Caranya pun unik, batang pohon Gandarusa harus diambil pada hari Jumat saat matahari terbit. Bagian tanaman yang diambil adalah daun dan batangnua utuh. Orang yang mengambil tanaman tersebut juga harus suci dari najis.

Setelah diambil, tamanam itu kemudian dikepret ke betis bayi sambil mengucapkan salawat nabi. Lakukan 3-5 hari tiap pagi, bayi langsung bisa berjalan.

Suwarni Mooduto warga Kabupaten Bone Bolango kepada Liputan6.com, Sabtu (20/7/2019) mengatakan, orang-orang yang percaya tradisi ini makin sedikit, apalagi yang berada di kota-kota besar.

"Ini warisan nenek moyang," katanya.

Sewarni juga menceritakan, anak-anaknya susah berjalan, namun setelah seminggu dikepret daun Gandarusa langsung bisa berjalan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, sebagian warga mulai meninggalkan tradisi ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk berkonsultasi dengnan dokter ketimbang percaya mitos daun Gandarusa.

"Sudah sebagian besar warga perkotaan tidak menggunakan cara ini, kami di pelosok masih kental dan percaya dengan khasit tanaman bongohu'u ini," katanya menambahkan.

test banner

No comments:

Post Bottom Ad