Erdogan akan Kunjungi Indonesia


Presiden Jokowi dan Presiden Turki Erdogan di KTT G-20. Photo : Kemlu RI

Jabung Online  – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana melakukan kunjungan ke Indonesia pada awal tahun 2020 mendatang. Rencana tersebut sempat dibahas dalam pertemuan bilateral antara Presiden Erdogan dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela KTT G-20 di Osaka, akhir pekan lalu.

Kedua pemimpin meminta agar persiapan kunjungan mulai dilakukan sehingga kunjungan Erdogan ke Indonesia menghasilkan kerja sama konkret yang menguntungkan kedua pihak. Tahun depan, RI-Turki pula akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Erdogan sekali lagi mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi sebagai Presiden RI untuk lima tahun ke depan. 

Erdogan adalah salah satu kepala negara yang pertama kali menelepon Presiden Jokowi, untuk menyampaikan ucapan selamat setelah hasil quick count diumumkan.

"Terima kasih Presiden Erdogan atas ucapan selamatnya. Semua proses pemilu saat ini sudah selesai," kata Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut seperti dikutip dari keterangan resmi Kemlu RI.

Kedua Presiden juga sepakat agar perdagangan kedua negara dapat dilipatgandakan. Presiden Turki menawarkan beberapa kerja sama industri strategis. Turki juga telah menyampaikan dukungan atas pencalonan Indonesia di Dewan Hak Asasi Manusia PBB 2020-2022.

No comments

Powered by Blogger.