Penulis Nasional Asal Lampung Ajak Emak-Emak Nulis Cerita Anak


Peserta pelatihan menulis cerita anak yang dimentori penulis nasional asal Lampung Fitri Restiana. | Dokumentasi

Jabung Online – Penulis cerita anak nasional asal Lampung Fitri Restiana mengisi Pelatihan Menulis Cerita Anak yang diadakan Ibu Profesional Lampung (IP Lampung) bekerjasama dengan Rumbel Literasi, Ahad, 28/7/2019.

Menurut Puspaning Dyah, Koordinator Regional IP Lampung, Rumbel Menulis ini adalah leburan dari Rumah Belajar (Rumbel) Menulis dan Rumbel Baca. Memasuki tahun kedua Rumbel Menulis diharapkan anggota semakin semangat belajar menulis.

Acara yang berlangsung dengan santai dan kekeluargaan ini diadakan di rumah salah satu anggota IP Lampung di Perumahan Polri.

Fitri Restiana mengajak peserta untuk mengenal apa itu cerita anak, menggali ide, latihan menulis hingga ke penerbitan.

“Bagaimana cara menulis tentang anak balita saya? apakah yang harus saya tulis? Saya bingung memulainya dari mana,” kata Inta Wahidah, peserta dari Metro.

Menurut Fifi, panggilan akrab Fitri Restiana ini, menulis cerita anak gunakan bahasa anak-anak.
Dia menganjurkan agar banyak mengamati anak saat bermain baik di rumah atau dengan teman-teman sebayanya.

Misalnya saat rebutan mainan, saat berbagi mainan dan lainya.

“Tulis saja dulu sebagai langkah awal,” kata Fifi.
Selanjutnya Fifi mengajak peserta untuk menggali ide. Peserta diajak latihan menulis dengan mengamati gambar yang disediakan.
Tak disangka dalam waktu singkat, ibu-ibu rumah tangga ini dapat menulis berlembar-lembar.

Melihat respons peserta, Koordinator Rumbel Menulis IP Lampung, Naqiyyah Syam berjanji akan mendampingi peserta hingga dapat menerbitkan buku kumpulan cerita anak IP Lampung.

“Diharapkan pelatihan ini peserta dapat menulis cerita anak dan mampu menerbitkan kumpulan cerita anak IP Lampung,” pungkasnya. Demikian rilis yang diterima Jabungonline.com.

No comments

Powered by Blogger.