Dalam Sehari, Anies Resmikan Gor Rorotan dan Gelanggang Cengkareng



Jabung Online  - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Gelanggang Olahraga Rorotan dan secara simbolis turut meresmikan Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng, di Gelanggang Olahraga Rorotan, Jakarta Utara, pada Senin (29/7). Pembangunan Gelanggang Olahraga Rorotan dan Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng ini merupakan bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat. Pembangunan juga merupakan kelanjutan dari program revitalisasi Gelanggang Remaja Kecamatan serta fasilitas olahraga lain di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur Anies berharap, dengan adanya Gelanggang Olahraga ini dapat menciptakan prestasi baru di dunia olahraga, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar Gelanggang Olahraga.

"Jadi, harapannya, dari GOR ini nanti muncul prestasi. Yang kedua, saya ingin tempat ini seperti yang tertulis di prasasti, kalimatnya adalah kita menginginkan agar tempat ini bukan sekadar tempat kegiatan olahraga, tapi ini menjadi tempat untuk membangun interaksi antar warga, tempat silaturahmi, tempat memperkuat hubungan antar warga yang ada di tempat ini," ungkap Gubernur Anies.

Untuk diketahui, pelaksanaan pembangunan menggunakan mekanisme pemanfaatan dana pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) kewajiban PT. Putera Gaya Wahana (Gelanggang Olahraga Rorotan) dan PT. Suryaraya Investama (Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng). Bangunan Gelanggang Olahraga Rorotan dan Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng dilengkapi dengan fasilitas olahraga berstandar internasional untuk cabang olahraga badminton, basket, sepak bola, dan futsal.

Gelanggang Olahraga Rorotan dibangun oleh PT. Putera Gaya Wahana di atas lahan sebesar sekitar 2,2 Ha milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan anggaran sebesar 34 miliar rupiah dengan jangka waktu pembangunan selama 8 (delapan) bulan, mulai November 2018 – Juli 2019. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia antara lain fasilitas olahraga dan fasilitas pendukung, sebagai berikut:

Fasilitas Olahraga:
- Bangunan GOR Multi Olahraga dengan luas sekitar 1.200 m2, cabang olahraga Badminton, Basket, Bola Volley, Indoor Futsal
- Lapangan Sepakbola rumput sintetis bertaraf internasional
- Lapangan Tenis Outdoor Standar ITF Classified Court Pace 3
- Fitness Outdoor
- Jogging Track

Fasilitas Pendukung:
- Akses Disabilitas
- Toilet Disabilitas
- Area parkir untuk sekitar 40 mobil dan sekitar 70 motor
- Kapasitas Penonton sekitar 300 orang
- Danau buatan  

Sementara itu, Gelanggang Remaja Kecamatan Cengkareng dibangun oleh PT. Suryaraya Investama di atas lahan sebesar sekitar 5.000 m2 milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan anggaran sebesar sekitar Rp. 20 Miliar, dengan jangka waktu pembangunan selama 7 (tujuh) bulan, mulai Oktober 2018 – Mei 2019. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia meliputi fasilitas olahraga dan fasilitas pendukung, antara lain:

Fasilitas Olahraga: Bangunan 2 lantai dengan luas sekitar 2.000 m2, untuk cabang olahraga badminton, basket, bola voli, indoor futsal dan jogging track.

Fasilitas Lain:Ruang Serbaguna dengan luas sekitar 800 m2, akses disabilitas, toilet disabilitas, area parkir untuk sekitar 40 mobil dan 70 motor, kapasitas Penonton sekitar 300 orang.

Kedua fasilitas olahraga ini nantinya akan dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta. Harapannya, fasilitas olahraga ini dapat dimanfaatkan warga di wilayah sekitar, dapat digunakan secara reguler oleh semua kalangan masyarakat, serta dapat menjadi sarana membangun interaksi warga lintas umur dan lintas minat.

Ke depan, Pemprov DKI Jakarta juga akan menggratiskan penggunaan fasilitas ini tanpa dipungut biaya apapun, dan masyarakat dapat melakukan pemesanan fasilitas secara elektronik, di mana Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan salah satu start up yang dikembangkan oleh pemuda Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan peralatan olahraga yang diperlukan oleh masyarakat Jakarta yang mana pemesanannya dapat dilakukan secara elektronik melalui situs Sidasi-dispora.jakarta.go.id. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam melayani masyarakat, khususnya dalam hal berolahraga.

No comments

Powered by Blogger.