Periode Kedua, Jokowi Diprediksi Lebih Berani


Pidato Jokowi di Sentul 14 Juli 2019. Photo : VIVA/Eduward Ambarita

Jabung Online - Pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai pidato presiden terpilih Joko Widodo bertajuk Visi Indonesia di Sentul Minggu kemarin menunjukkan penegasan atas pernyataan kerja tanpa beban yang selama ini dijalaninya.

"Jelas bahwa Presiden Jokowi akan mengambil sikap lebih berani dan sikap lebih tegas dalam periode keduanya," katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin 15 Juli 2019.

Menurut Yunarto, penegasan sikap Jokowi ditunjukkan pada penggunaan kalimat atau diksi yang diucapkannya. Beberapa kali dalam pidatonya, Jokowi menggunakan kata hajar, hapus dan hilangkan.

"Dengan penggunaan diksi yang digunakan tadi. Menurut saya masa konsolidasi sudah selesai, sekarang bicara mengenai bekerja dengan sikap yang lebih tanpa beban," ujarnya.

Yunarto menjelaskan, dalam pidatonya, Jokowi secara gamblang menujukan pesannya kepada seluruh elemen masyarakat yang menunjukkan visinya bukan lagi untuk berkompromi melainkan untuk bekerja dan akan berani mengambil tindakan tegas. Selain itu, Yunarto mengapresiasi adanya Ikrar Bangsa Indonesia yang menunjukkan adanya bentuk persatuan.

Ikrar Bangsa Indonesia dibacakan langsung Ketua Dewan Pengarah Visi Indonesia, Andi Gani Nena Wea. Ditunjuknya Andi memang tak asing karena dia dikenal sebagai loyalis Jokowi sejak Pilgub DKI sampai Pilpres 2019.

Saat membacakan Ikrar Bangsa Indonesia yang diikuti seluruh hadirin, Andi Gani mengenakan pakaian adat Nagekeo dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan didampingi pimpinan-pimpinan relawan yang mengenakan baju adat dari seluruh wilayah Indonesia.

"Ikrar bangsa Indonesia menekankan persatuan Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi perekat utama bangsa Indonesia," ujarnya. (ren)

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/politik/1165978-periode-kedua-jokowi-diprediksi-lebih-berani

No comments

Powered by Blogger.