Kepada Wartawan, Mahathir: Tanya Jokowi Kenapa Tolak Bantuan Malaysia Padamkan Karhutla

Jabung Online – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan dirinya telah menawarkan bantuan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk memadamkan kebakaran yang melanda. Mahathir mengatakan bantuan yang ditawarkan berupa peralatan pemadaman api (water bombing equipment).


Media pun bertanya pada sang perdana menteri mengenai penyebab Indonesia menolak tawaran bantuan, namun Mahathir sendiri mengaku tidak tahu penyebabnya.

“Saya tidak tahu mengapa. Silakan bertanya pada Jokowi mengapa ia tidak mau menerima bantuan kita? Saya tidak pernah melakukannya (bertanya pada Jokowi). Mengapa tidak Anda saja yang bertanya?” kata Mahathir dalam konferensi pers, dilansir dari laman Bernama, Sabtu (21/9).

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Malaysia telah melakukan banyak upaya untuk menangani kabut dari Indonesia.

“Kami sudah salat minta hujan, sudah mencoba membuat hujan buatan, serta meminta warga mengenakan masker,” tutur Mahathir.

Mahathir juga berencana akan mengerahkan drone untuk menangani dampak kebakaran, namun belum tahu berapa anggaran yang perlu dikeluarkan. Kabut asap dari kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera telah menyebar ke Malaysia akibat embusan angin selatan.

Hal ini membuat kualitas udara di sejumlah wilayah Malaysia, seperti Kuala Lumpur dan Selangor semakin memburuk. Salah satu dampaknya adalah sebanyak 2.000 sekolah diliburkan di wilayah-wilayah tersebut.[ak]

No comments

Powered by Blogger.